Kemenpar Kritik Pariwisata di Maluku. Kurangnya Disini Lho Pak.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kemenpar Kritik Pariwisata di Maluku. Kurangnya Disini Lho Pak..

Pantai-namalatu

FAJAR.CO.ID, AMBON- Ternyata koar-koar pemerintah daerah soal pariwisata di Maluku tidak diikuti dengan kerja serius. Buktinya, pemerintah pusat lewat Kementrian Pariwisata (Kemenpar) masih melihat kekurangan besar dari pengelolaan pariwisata di Maluku.

Saat berkunjung ke Ambon, Kamis (2/6), Asisten Deputi Industri Pariwisata, Kemenpar, Agus Priono mengungkapkan, kelemahan pariwisata di Maluku terletak pada interprestasi. Menurutnya, berbicara standar, maka hal itu akan menyangkut dengan keamanan hingga saran pendukung. Salah satu yang paling utama adalah infrastruktur yang dibangun pemerintah.

“Bicara konteks Maluku, pariwisata di daerah ini dalam segala segi, belum memenuhi standar pariwisata secara nasional. Dan realita tersebut hampir terjadi di semua provinsi,” sebutnya.

Karena itu, lanjut Priono, dari penetapan 10 tujuan utama destinasi pariwisata di Indonesia, Provinsi Maluku belum termasuk. Masalah ini harus dilihat pemerintah, caranya segera melakukan pembenahan infrastruktur pendukung pariwisata di Maluku dan meningkatkan brand prawisita yang berkualitas.

Selain itu, kata Priono, pelaku usaha pariwisata daerah juga harus mengutamakan standar. Untuk bagian ini, semua usaha pariwisata wajib memiliki stertifikat.

“Salah satu syarat sertifikasai adalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP,” terangnya.

Dikatakan, TDUP tersebut diperluhkan aga ada penerapan sanksi usaha pariwisata bagi yang tidak melaksanakan sertifikasi usaha pariwisata atau tepatnya tidak sesuai standar usaha pariwisata. Bagi Priono, TDUP ini merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan sertifikasi usaha pariwisata dalam rangka peningkatan daya saing.

loading...
Click to comment
To Top