PELNI Tegaskan, Seluruh Armada Siap Operasi di Mudik Lebaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

PELNI Tegaskan, Seluruh Armada Siap Operasi di Mudik Lebaran

pelni

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Pelni menyatakan kesiapannya melayani penumpang selama angkutan Lebaran 2016. Selama angkutan Lebaran 1437 H tahun 2016, Pelni bakal menyiapkan 12 armada kapal tipe 2.000.

“Termasuk dua kapal yang bisa mengangkut mobil, alat berat, sepeda motor, kontainer dan orang,” ujar Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi dalam siaran persnya, Kamis (2/6).

Pada angkutan Lebaran 2016, diperkirakan Makassar masih menempati urutan pertama dalam pelabuhan tersibuk. Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menempati ranking delapan di bawah Jayapura, Baubau, Semarang dan Ambon.

“Tanjung Priok yang dekat Ibu Kota volumenya kalah dengan Surabaya, Makassar bahkan kalah dengan Jayapura. Artinya mudik dengan kapal laut dari Ibu Kota Jakarta belum dominan. Kebanyakan mereka menggunakan kereta api, bus dan mobil pribadi,” papar Sujadi.

Sedangkan, pergerakan penumpang dari wilayah Kalimantan ke Jawa, dari Jawa ke Sulawesi dan Batam-Medan masih dominan dibanding ke wilayah Indonesia Timur, yang jaraknya lebih jauh.

Sementara, kapal yang paling diminati selama angkutan lebaran tahun lalu, untuk tipe 2000 pax yaitu, KM Dorolonda, KM Nggapulu, dan KM Bukit Siguntang. Kemudian, untuk kapal tipe 1000 pax yang paling diminati KM Awu, KM Tilongkabila dan KM Leuser.

“Untuk kapal 500 pax yang diminati KM Egon, KM Wilis dan KM Pangrango. Dalam lima tahun terakhir tren penumpang Kapal Pelni fluktuasi. Tahun ini kami prediksi 795.530 orang,” kata Sujadi.(chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top