Penunjukkan Kapolri Selain BG, Bisa Rusak Kaderisasi Polri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Penunjukkan Kapolri Selain BG, Bisa Rusak Kaderisasi Polri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pergantian Kapolri kini sudah injury time. Sejumlah nama pun bermunculan untuk menggantikan posisi Jenderal Badrodin Haiti bila tidak diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo.

Namun isu perpanjangan kian santer terdengar. Menanggapi isu itu Margarito Kamis salah satu pakar hukum mengatakan, bila terjadi perpanjangan maka kaderisasi Polri akan rusak.

“Ini semua tergantung Presiden Jokowi ya. Secara hukum tidak ada halangan dari Pak Budi Gunawan (Wakapolri) untuk menjadi Kapolri,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (3/6) melalui sambungan telepon.

BG kata dia orang paling senior setelah Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. “Dilihat dari kualitas, semua tempat strategis pernah ditempati, sekarang Wakapolri, apa ada yang lebih dari Wakapolri selain Kapolri,” katanya.

Sehingga, bila akhirnya Badrodin diperpanjang, maka kerusakan di kaderisasi Polri rusak. “Tidak mungkin yang menjadi Kapolri nanti adalah di bawah BG, kesenioran di tubuh Polri ini diutamakan,” ujar dia.

Sekarang kata dia yang jadi permasalahan apakah Jokowi memilih BG atau tidak. “Suka tidak suka Presiden harus patuh hukum, jangan sampai menimbulkan masalah baru yakni kaderisasi rusak,” katanya lagi. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top