Ini kenangan George Foreman Atas Mendiang Muhammad Ali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Ini kenangan George Foreman Atas Mendiang Muhammad Ali

FAJAR.CO.ID – Kembalinya sang legenda Muhammad Ali kepangkuan Ilahi menyisakan kehilangan yang mendalam, mulai dari keluarga, kerabat, pemimpin dunia, olahragawan hingga rivalnya diatas ring tinju.

Diakui petinju legendaris lainnya, George Foreman, kematian petinju berjuluk “The Greatest” itu telah membawa pergi separuh nafasnya.

“Tau kah kalian, buat saya Muhammad Ali adalah salah satu manusia terhebat yang pernah saya temui dalam hidup ini. Saya dikalahkan dalam ‘rumble in the jungle’ (Zaire). Dalam pertarungan itu, saya kerahkan seluruh kemampuan saya, dia hanya bilang “apa cuma segitu kemampuanmu George?” kata Foreman seperti dikutip dari The Guardian.

“Malam itu malam yang luar biasa. Bagian besar dari diriku mati ketika ia meninggalkan dunia ini, bagian itu adalah bagian terbaik dalam hidupku,” ujarnya mengenang pria yang memperkenalkan istilah “float like butterfly, sting like a bee” itu.

Di luar ring tinju, ayah dari Layla Ali adalah pria dengan catatan sejarah yang luar biasa, penolakannya terhadap perang pada tahun 1960 antara Amerika Serikat dan Vietnam ditentangnya atas nama hak asasi manusia.

Keputusannya untuk mengakui ke-Islamannya usai memenangkan gelar Tinju Dunia untuk kali pertama pun dianggap sebagai peristiwa yang historikal oleh dunia kala itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top