Tingkatkan Semangat Gotong Royong, DPW Akumandiri​ Jateng Dikukuhkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Tingkatkan Semangat Gotong Royong, DPW Akumandiri​ Jateng Dikukuhkan

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Pengurus Pusat Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri terus bergerak memperluas jaringan dengan mengukuhkan pengurus-pengurus, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kali ini, DPP Akumandiri melakukan pengukuhan terhadap pengurus DPW Provinsi Jawa Tengah.

Pengukuhan yang dilakukan di Hotel Oak Tree, Jalan Papandayan, Semarang, Sabtu (4/6) berlangsung penuh khidmat yang disertai dengan pembacaan sumpah dan janji pengurus DPW yang dibacakan langsung oleh Ketua DPP Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPW Jawa Tengah M. Laksono Tri Rochmawan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas Pengukuhan dari Pelantikan yang sudah dilakukan sebelumnya. Dirinya berjanji akan memegang amanah tersebut guna mewujudkan visi misi Akumandiri bagi kesejahteraan bersama.

“Kita siap menggerakan di seluruh wilayah NKRI untuk mencapai kesejahteraan sesuai dengan AD/ART Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, salah satunya dengan membangkitkan semangat UMKM Jateng,” ujar Sony biasa akrab disapa.

Lebih lanjut, dalam menjalankan amanah tersebut diperlukan sikap kerelaan, gotong royong, kekeluargaan dan keikhlasan dari segenap pengurus. Karena dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan perjuangan yang besar.

Beberapa program yang telah diupayakan oleh DPW Akumandiri Jateng di antaranya membangun koneksi dengan Gubernur Jateng. Kepala dinas dan tentunya para pelaku usaha di bidang UMKM di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah.

“Kita semua tentu mau sukses, rumusnya jika ingin sukses maka harus kerja keras. Sekali lagi karena ini adalah tugas mulia maka perlu kesolidan dari seluruh pengurus DPW,” tandas Sony kepada seluruh pengurus DPW yang hadir.

Ditempat yang sama, Ketua DPP Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, Hermwati Setyorinny dalam sambutannya menerangkan pentingnya pengetahuan di ranah usaha mikro, kecil dan menengah.Kemudian soal administrasi organisasi yang telah tertuang di AD/ART agar turut dipahami oleh anggota Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri di mana pun berada.

Tidak lupa, Rinny panggilan akrabnya, mengingatkan juga soal bagaimana menata hubungan antara UMKM dengan pemerintah baik pusat maupun daerah dan UMKM dengan UMKM. Sebagai contoh DPP Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri sudah bekerja sama dengan BNN, Microsoft, dan Kemitraan dengan Kementerian Koperasi dan UMKM serta sudah menjalankan inisiasi Kerjasama dengan Fintech Modalku yaitu pioner layanan peer-to-peer lending (Platform pinjam meminjam langsung) berbasis teknologi finansial di Indonesia.

“Jangan sampai koperasi menjadi “kuperasi, karena kita cenderung tertutup dan tidak memiliki wawasan soal peraturan yang berlaku,” tegas Rinny.

Terkait peraturan soal UMKM, ibu tiga anak ini mengimbau agar mempelajari Perpres No. 98 tahun 2014 tentang IUMK dan peraturan-peraturan lainnya. “Kita harus yakin dengan kekuatan sendiri. Intinya ada di usaha kita dan manajemen yang baik terhadap organisasi merupakan kunci keberhasilan kita di mana pun berada. Karana apa yang kita bangun ini sejalan dengan visi NKRI yang tertuang di dalam Pancasila dan UUD 1945,” jelasnya.

Masih kata Rinny, Assosiasi ini juga sudah memiliki perusahaan (PT) sebagai akses dagang nantinya dan Koperasi yang bisa dipakai oleh seluruh pengurus dan anggota di mana saja untuk kepentingan Akumandiri. Legalitas dan kekuatan itu sangat diperlukan saat kita membangun koneksi dengan pemerintah dan perusahaan.

Assosiasi yang memiliki motto “Tumbuh Bersama Meng-Indonesiakan Indonesia” ini merupakan organisasi yang mempunyai Dewan Pelindung,Penasehat dan Pembina antara lain Wapres RI Jusuf Kalla, Komjen Pol. Drs. Budi Waseso, Letjen TNI Mar (purn) Suharto, Marsda (Purn) Pieter Wattimen, HM. Alwi Hamu, dan lainnya.

Assosiasi ini sudah terbentuk perwakilan di beberapa Wilayah provinsi, Daerah Kabupaten Kotadi Indonesia. Juga mempunyai Perwakilan di Luar Negeri seperti China,Rusia,German.London, Singapura. Pengukuhan dihadiri juga Perwakilan dari Dewan Pengurus Daerah Karisidenan Solo Raya,Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, dan lainnya. (hrm/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top