Antisipasi Lahirnya AI Jahat, Google Kembangkan “Tombol Pembunuh” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Antisipasi Lahirnya AI Jahat, Google Kembangkan “Tombol Pembunuh”

FAJAR.CO.ID – Sejak Artificial Intelligence (AI) atau keceradasan buatan pertama kali diciptakan, manusia khawatir suatu saat kecerdasan buatan manusia itu akan merasa lebih pintar dan pada akhirnya menolak untuk tunduk pada perintah manusia.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti yang terjadi pada film Terminator itu lho, Google saat ini tengah mengembangakan “Tombol Pembunuh” AI yang memungkinkan manusia untuk menghentikan skenario terburuk tersebut,

Oleh Google, tombol tersebut diberi nama Safe Interrupttibility dan dikembangkan sebagai bagian dari sistem DeepMind, perusahaan AI di Inggris yang pada 2014 lalu diakusisi oleh Google.

Tim yang bertanggungjawab atas hal itu sebelumnya telah mengeluarkan jurnal mengenai hal ini dan menciptakan kerangka dasar Tombol Pembunuh yang mampu menonaktifkan AI dimana pun berada.

“Sekarang dan ke depannya ada kemungkinan tombol pembunuh ini akan digunakan manusia untuk menghentikan aksi AI yang membahayakan umat manusia atau pun kepada AI itu sendiri,” jelas penulis jurnal Laurent Orseau dan Stuart Armstrong seperti dikutip dari TechRadar.

Mendengar hal ini, tentunya bikin kita sedikit lega kan?!

To Top