Begini Penampilan Website Resmi Sukarno – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Begini Penampilan Website Resmi Sukarno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Masyarakat mulai hari ini (Senin, 6/6), tak akan sulit lagi mencari informasi mengenai Presiden RI pertama, Soekarno.

Berbagai informasi menarik tentang Bung Karno sekarang dapat diakses di web Sukarno.org. Salah seorang pengelola, Ivan Faisal mengatakan bahwa web ini dipersembahkan oleh sejumlah pemuda yang peduli akan Proklamator RI tersebut.

“Mulai hari ini, situs tersebut sudah bisa diakses oleh publik. Segala kekurangan-kekurangannya akan kami perbaiki sambil berjalan. Semoga ini dapat memberikan manfaat,” kata Ivan dalam surat elektronik yang dikirim ke redaksi.

Adapun situs digagas dan dipersiapkan bersama dua orang rekannya, yaitu Respati Wasesa dan Budi Handoyo. Mereka bekerja keroyokan di tengah kesibukan harian masing-masing. “Kami teman sepermainan di Pemalang, Jawa Tengah.

Di perantauan, Bekasi, kami memang sering kumpul. Nah, kebetulan kami sama-sama ngefans Bung Karno. Ya sudah bikin saja website, kan belum ada. Kami eksplorasi semampunya apa yang kami bisa,” jelas Ivan.

Menurutnya, ada sejumlah konten andalan di dalam situs. Pertama, kumpulan artikel yang dihimpun dari berbagai sumber: buku dan media massa, terutama media online. Untuk memudahkan pembaca, mereka membuat kategori seperti berita, opini, feature, dan lainnya.

“Kemudian ada sketsa Bung Karno yang kami produksi sendiri. Ada juga video dan galeri foto. Kami ingin bikin Bung Karno tetap muda di sini,” sambung Ivan.

Bagi yang suka dengan bacaan-bacaan ‘berat’, mereka menyediakan Dapur Sukarno atau perpustakaan digital. Di sini, pengunjung bisa membaca langsung pidato-pidato dan tulisan karya Bung Karno secara gratis dan mudah.

“Salah satu contoh, Buku Di Bawah Bendera Revolusi, yang tebalnya bukan main itu. Kita tidak mungkin bebas menentengnya ke mana-mana. Tapi dengan Dapur Sukarno, di mana pun kita bisa membaca,” urai Ivan.

Satu lagi fitur yang keren adalah Sukarno Maps yang berisi peta digital destinasi yang berkaitan dengan Bung Karno. Dengan fitur tersebut, masyarakat akan mengetahui banyak hal mengenai tempat-tempat yang punya keterkaitan dengan Bung Karno. Mulai dari pengasingan, persinggahan, arsitektur, hingga istana dan lainnya.

“Upgrade Sukarnomu! Itu taglinenya. Tidak cuma gadget, pemikiran Bung Karno juga perlu diupgrade agar selalu cocok di segala suasana,” demikian Ivan. [sam]

loading...
Click to comment
To Top