Biar Tetap Joss saat Puasa, Tambah Menu Ini Saat Berbuka dan Sahur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Biar Tetap Joss saat Puasa, Tambah Menu Ini Saat Berbuka dan Sahur

PERHIMPUNAN Ahli Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips agar umat muslim lancar menjalankan puasa.

Tips ini sangat dianjurkan untuk mereka yang telah berusia lanjut. Namun, kalangan umum juga bisa mengikuti tips ini agar bisa maksimal menjalankan puasanya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat….(dkk/jpnn)

Tips Puasa Maksimal

1. Saat sahur, usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

2. Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

3. Saat yakjil atau awal berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa nantinya.

7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

8. Hindari terlalu banyak minum es, karena memudahkan Anda kenyang. Di mana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh. (jpnn)

Click to comment
To Top