Inget! Untuk Calon Perseorangan, Wajib Sampaikan Ini ke Pendukung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Inget! Untuk Calon Perseorangan, Wajib Sampaikan Ini ke Pendukung

medium_71tscom-mulkan-rambe-24415

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman mengatakan ketatnya proses verifikasi fotokopi dukungan bagi calon perseorangan dalam UU Pilkada untuk meminimalisasi dukungan fiktif, dan menghindari penggunaan ganda KTP dan nomor induk kependudukan (NIK) dalam pilkada.

“Jumlah NIK ganda itu masih marak. Oleh sebab itu, aturan ini dibuat untuk memastikan bahwa KTP yang diberikan ke pasangan calon perseorangan adalah KTP tunggal dan benar-benar mendukung pasangan calon tersebut,” kata Rambe, Senin (6/6).

Oleh karena, menurut Rambe, menjadi tanggung jawab bagi pasangan calon perseorangan untuk menyampaikan mekanisme verifikasi faktual itu ke pendukungnya. “Bahwa petugas verifikasi akan mendatangi pendukung ke alamat sesuai yang tertulis di KTP,” tegas politikus partai Golkar ini.

Kalau pendukung itu tidak bisa ditemui, maka dia harus melapor ke panitia pemungutan suara (PPS) dalam waktu tiga hari. “Itu yang harus diberi tahu kepada pendukungnya bahwa akan ada verifikasi KTP,” tegasnya.

Dengan sistem seperti itu, kata Rambe, diharapkan terwujudkan dukungan yang konkrit. Cara ini tiidak untuk menghambat calon perseorangan. Sebab dengan syarat dukungan 6,5-10 persen dari jumlah DPT (daftar pemilih tetap) itu sudah mempermudah calon perseorangan.

“Calon perseorangan 6,5-10 persen dari DPT yang sebelumnya sesuai jumlah penduduk itu sudah turun,” imbuh Rambe.(fas/jpnn/fajar)

loading...
Click to comment
To Top