Penting! Sebelum Parah, Kenali Segara Tanda-Tanda Umum Penyakit Jantung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Penting! Sebelum Parah, Kenali Segara Tanda-Tanda Umum Penyakit Jantung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda kerap mengalami sesak nafas, berdebar atau nyeri dada, bisa jadi Anda mengalami gangguan fungsi pompa jantung atau anatomi jantung (katup jantung). Tak ada salahnya jika Anda segera pergi ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan Echocardiography.

Menurut Dr. Sri Diniharini, SpJP, Cardiologist Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Hospitals Group, Echocardiography adalah salah satu alat penunjang medis untuk menilai fungsi dan anatomi jantung.

“Pemeriksaan tersebut menggunakan gelombang suara, dengan frekwensi tinggi yang dicitrakan kedalam layar monitor untuk dinilai,” kata Dr Sri Diniharini.

Menurutnya, organ jantung adalah organ yang berkontraksi terus menerus (60 – 100 X per menit), memiliki empat ruang yakni dua bilik dan dua serambi. Bilik kiri memompa darah keseluruh tubuh dan bilik kanan memompadarah ke paru-paru.

Nah, Kerja jantung sebagai fungsi pompa dipengaruhi oleh tekanan dan volume darah didalam jantung tersebut.

Alat Echocardiography, lanjut Dr Sri, dapat mendeteksi secara lengkap anatomi jantung, tekakan didalam jantung dan volume darah secara terperinci.

Anatomi jantung adalah empat katup jantung, yakni katup mitral (katup yang berada diantara bilik dan serambi jantung kiri), katup tricuspid (katup yang berada diantara bilik dan serambi kanan), katup pulmonal dan katup aorta.

Kapan seorang pasien membutuhkan pemeriksaan Echocardiography? Jika pasien dicurigai mengalami gangguan fungsi pompa jantung atau anatomi jantung (katup jantung) berdasarkan keluhan pasien. Misalnya sesak nafas, berdebar atau nyeri dada, dan berdasarkan pemeriksaan fisik oleh dokter didapat adanya kelainan jantung dan bising jantung.

Pemeriksaan Echocardiography sangat penting dilakukan pada kelainan jantung bawaan pada bayi sampai dengan remaja untuk mencari kelainan anatomi jantung tersebut.

Pemeriksaan Echocardiography hampir tidak beresiko dan biaya yang relatif terjangkau.

Pemeriksaan Echocardiography juga digunakan untuk mengevaluasi pengobatan dan melihat perbaikan kondisi pasien. Data-data yang diketahui dari pemeriksaan Echocardiography mempunyai nilai yang dapat memprediksi kondisi jantung sebelum timbul keluhan yang dirasa oleh pasien.

Sehingga dokter dapat memberi terapi lebih akurat, khususnya untuk pasien yang sudah terdiagnosa penyakit jantung. (jpnn)

Click to comment
To Top