FORMABIL Gelar Aksi Tuntut Peradilan Novel Baswedan di Depan Gedung DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

FORMABIL Gelar Aksi Tuntut Peradilan Novel Baswedan di Depan Gedung DPR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Puluhan warga Bengkulu korban penganiayaan penyidik senior Komisi Pemberantasn Korupsi atau KPK, Novel Baswedan saat masih menjabat Kasat Reskrim Polresta Bengkulu pada tahun 2004 kembali menggelar aksi unjuk rasanya.

Melalui wadah bernama Forum Masyarakat Bengkulu Pencari Keadilan (Formabil), mereka mendatangi Gedung DPR RI untuk meminta Komisi III memanggil Jaksa Agung HM Prasetyo guna mengklarifikasi atas putusan SKP2 dan tidak menjalankan putusan pengadilan atas penyidik KPK, Novel Baswedan.

Aksi mereka gelar di depan pintu gerbang gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (8/6) dengan membentangkan berbagai spanduk yang antara bunyinya “DPR Segera Panggil Jaksa Agung, Karena Bermain Politik Dalam Kasus Novel Baswedan”, “Kasus Novel Baswedan Harus Jalan Terus”, dan “Tidak Ada Yang Kebal Hukum DI Negeri Ini”.

Dalam orasinya, Muhibbulah selaku koordinator aksi mengatakan, langkah Jaksa Agung Prasetyo yang tidak mengindahkan putusan prapenadilan telah mencederai prinsip kesamaan kedudukan di hadapan hukum dan mengistimewakan Novel.

“Sikap Prasetyo ini membuat publik terheran-heran, karena hingga saat ini pihak kejaksaan tidak mau melaksanakan putusan praperadilan tersebut,” katanya seraya menuding Kejaksaan telah melakukan politisasi dan intervensi demi membela secara membabi-buta Novel yang jelas telah merugikan korban.

Tidak berapa lama, aksi Formabil membubarkan diri setelah perwakilan mereka yang berjumlah lima orang diterima oleh Komisi III DPR, yang diwakili anggota komisi hukum DPR Muhammad Nasir Jamil. Kepada Nasir Jamil, Yulisman selaku kuasa hukum warga Bengkulu korban penganiayaan Novel Baswedan berharap ada angin segar dan berharap ada jalan damai.

Click to comment
To Top