Korban Penganiayaan Novel Baswedan Diterima Komisi III DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Korban Penganiayaan Novel Baswedan Diterima Komisi III DPR

Nasir Djamil (kanan) bersama korban Novel Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perwakilan korban penganiayaan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Novel Baswedan, yang pada tahun 2004 lalu menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Bengkulu, hari Rabu (8/6) sambangi Komisi III DPR RI guna meminta kejelasan nasib mereka

Para korban penganiayaan ini menuntut agar proses hukum terhadap penyidik senior lembaga antirasuah itu untuk sesegera mungkin dijalankan sebagaimana yang diamanatkan oleh pengadilan negeri Bengkulu beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, oleh pengadilan negeri Bengkulu, dinyatakan bahwa surat ketetapan penghentian penuntutan nomor Kep.03/N.7.10/Ep.1/02/2016 tanggal 22 Februari 2016, yang dikeluarkan Novel Baswedan adalah tidak sah dan secara ototmatis memenangkan para korban yang berjumlah delapan orang tersebut.

Karena itu, mereka meminta kepada Komisi III agar melakukan pemanggilan terhadap Jaksa Agung HM Prasetyo guna mengklarifikasi atas putusan SKP2 dan tidak menjalankan putusan pengadilan atas penyidik KPK, Novel Baswedan.

“Kami memohon untuk wakil kami yang ada di DPR khususnya Komisi III terkait hal ini, karena tidak tahu kemana lagi kami akan mengadu,” kata Yulisman selaku kuasa hukum dan keluarga dari salah satu korban penganiayaan Novel Baswedan.

Yulisman melanjutkan bahwa kasus pidana murni ini agar seyogyanya agar tidak dipolitisir. Ia mengaku bahwa sebelumnya sempat menyampaikan permohonannya kepada Jaksa Agung agar menyikapi permasalahan ini dengan bijak, namun belum mendapatkan jawaban yang diinginkan.

“Saya mohon Pak Prasetyo untuk menegakan hukum dengan hati, karena jabatan itu adalah amanah, selaku orang yang diamanahkan agar menjalankan amanahnya dengan baik,” pintanya dihadapan perwakilan Komisi III DPR.

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil yang menerima laporan tersebut pun berjanji akan menyampaikan keluhan perwakilan para korban kepada pimpinan dan fraksi di Komisi hukum tersebut.

“Kami menerima laporan ini, yang sudah kita bicarakan hari ini akan diteruskan kepada pimpinan dan fraksi-fraksi yang ada di Komisi III, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan mereka dan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan main yang ada,” kata dia.

“Barang kali nanti anggota Komisi III DPR secara pribadi maupun secara fraksi bisa menindaklanjuti hal ini dengan menanyakan langsung kepada Jaksa Agung,” tutup Nasir Djamil.

loading...
Click to comment
To Top