Wow, Uang Palsu Kolonel AL Berkualitas Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Wow, Uang Palsu Kolonel AL Berkualitas Tinggi

Ilustrasi Uang Palsu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bareskrim Polri menangkap Kolonel (Inf) AL, pejabat di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang membawa uang palsu (upal) di RS UKI Cawang, Jakarta Timur, Selasa (8/6). Dari penelusuran Bareskrim, upal bawaan Kolonel AL itu berkualitas tinggi.

Menurut Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Martinus Sitompul, ada 3000 ribu lembar upal pecahan Rp 100 ribu yang dibawa AL. “Kualitas uang palsunya cukup halus. Pihak BI (Bank Indonesia, red) mengatakan demikian,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (8/6).

Berdasarkan pengusutan Bareskrim, pembuatan uang palsu itu melewati dua proses.  “Pertama metode printing untuk menhaluskan dan sablon untuk menunjukkan tanda airnya,” bebernya.

Dengan demikian, uang itu ketika diraba terkesan asli. Martinus menegaskan, hanya orang teliti yang bisa membedakan upal itu dengan uang asli.

Upal yang dibawa Kolonel AL bukan hanya berkualitas tinggi. Sebab, pembuatnya juga jeli dan peduli pada detail. Karenanya semua upal yang dibawa Kolonel AL juga bernomor seri.

“Sehingga sulit untuk dideteksi. Nomor serinya semua sudah keluar. Nomor serinya memakai kode Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta,” paparnya. (mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top