Begini Hasil Pemeriksaan Takaran BBM di SPBU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Begini Hasil Pemeriksaan Takaran BBM di SPBU

FAJAR.CO.ID, TANGERAN- Guna melindungi konsumen dari aksi penipuan oleh pengusaha SPBU, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Tera dan Tera Ulang Legal dari Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah SPBU di kawasan Tangeran Selatan, Ciputat.

Kepala UPT Metrologi Legal Kota Tangsel Kusnan mengatakan, pemeriksaan mesin dispenser SPBU ini untuk mengetahu takaran bahan bakar minyak (BBM) yang dikeluarkan sesuai dengan yang dibayar konsumen.

Pemeriksaan uji tera dilakukan secara berkala supaya tidak merugikan pelaku usaha. Pasalnya ukuran dilakukan setiap satu tahun sekali dimungkinkan ukuran dapat berubah.

”Karena setiap setahun sekali, ukuran bisa bertambah dan berkurang. Seperti di sini pertamax nya ada kelebihan beberapa mililiter,” kata Kusna dikutup dari Indopos (Jawa Pos Group), Rabu (8/6).

Setelah memeriksa satu persatu mesin dispenser pihaknya melakukan penyegelan dengan kawat khusus. Tujuanya untuk memberikan tanda bahwa mesin telah dilakukan tera ulang. Selain itu menghindari penyalahgunaan pemilik SPBU.

“Temuan kami keseluruhannya bagus dan sesuai. SPBU di Jalan Letnan Sutopo merupakan salah satu dari total 60 SPBU yang berada di  Kota Tangsel. Setiap tahunnya akan dilakukan tera ulang. Awal Juni dilakukan tera ulang. Setelah di tera dispenser akan ditempel stiker,”terang Kusnan.

Menurut Kusnan,  takaran dibedakan berdasarkan bejana ukur. Bukan dari spedomerer. Untuk itu pelaku usaha wajib melaksanakan uji tera setiap tahunnya. ”Ini bukan pengawasan hanya update takaran agar masyarakat juga pelaku usaha tidak dirugikan. Bejana ukurnya juga di tera biar akurat,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengawas SPBU, Eko Kusnanto mengatakan, dalam sehari dapat menghabiskan sebanyak 25 kilo liter dari berbagai jenis BBM. Eko mengungkapkan  uji tera yang dilakukan karena bertepatan dengan masa uji sudah habis bulan Mei dan awal Juni.

”Kami selalu rutin lakukan uji tera.Bahkan juga mengikuti audit dari Pertamina SPBU,”ucap Eko. (yer/yuz/JPG)

To Top