Dua Kali Diusir DPR, Pejabat MA Kecewa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Dua Kali Diusir DPR, Pejabat MA Kecewa

Mahkamah Agung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi III DPR menolak kehadiran perwakilan Mahkamah Agung (MA), Kepala Badan Urusan Administrasi Aco Nur dalam rapat kerja (raker) membahas anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P) 2016. 

Seharusnya, yang hadir adalah Sekretaris MA Nurhadi. Atas penolakan itu, Aco mengaku kecewa. “Saya dua kali diusir, saya kecewa,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6). 

Padahal, lanjut Aco, pimpinan komisi III DPR beberapa waktu lalu meminta pimpinan MA mengirimkan surat sebagai formalitas untuk wakilnya.

Ya, berdasarkan surat yang ditulis Ketua MA Hatta Ali, ‎Nurhadi tidak dapat menghadiri raker lantaran menjadi ketua tim penguji pada ujian kompetensi eselon II untuk pengadilan kelas I hingga Jumat (10/6). Untuk itu, Nurhadi diwakilkan olehnya.

“Kita buatkan surat‎, sudah kita kasih, sesuai dengan permohonannya ya. Tapi sekarang enggak boleh mewakili karena alasannya saya bukan kuasa anggaran,” ketusnya. 

‎‎Lantas kapan Nurhadi bisa hadir di DPR? “Nanti ada undangan lagi dari DPR,” jawab Aco. 

Di sisi lain, tadinya Aco ingin melaporkan adanya penghematan anggaran MA sejumlah Rp 194 miliar. ‎Itu sesuai instruksi presiden melalui surat menteri keuangan ke sejumlah kementerian dan lembaga.

Adapun pagu anggaran MA pada 2016 lebih dari Rp 8 triliun. Sekalipun memang, jumlah ini berkurang. Sementara MA mendapat tugas untuk membuat sejumlah pengadilan baru sesuai arahan presiden.  

“Di sisi lain, kami ini mendapatkan surat keputusan dari presiden untuk membentuk pengadilan baru, 86 pengadilan, harusnya kami ini tidak dipotong lah anggarannya,” tandasnya. (dna/JPG)‎

loading...
Click to comment
To Top