Kontroversial, Kini Bayi Dapat Dibuat Dari Tiga Orang Tua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Kontroversial, Kini Bayi Dapat Dibuat Dari Tiga Orang Tua

FAJAR.CO.ID – Bagaimana membuat bayi dari orang tua bayi yang terdiri dari tiga orang, dengan menggunakan teknik in-vitro fertilization (IVF) yang menyuntikan gen orang ketiga pada embrio yang sedang tumbuh, sudah menjadi subjek penelitian dalam kurun waktu yang lama.

Namun kini, para peneliti dari Universitas Newcastle, Inggris, telah berhasil menerapkan metode terapi pengganti mitocondria (Mintochondrial Replacement Theraphy / MRT) mereka pada embrio manusia yang sehat untuk kali pertama.

Dengan teknik ini, mitochondria tidak sempurna yang diturunkan oleh salah satu pihak ibu bayi dapat digantikan dengan mitochondria baik milik ibu lainnya. Mitochondria sendiri berfungsi untuk memberikan energi pada sel hidup dalam tubuh manusia. Mitochondria yang buruk dapat menyebabkan bayi menderita pertumbuhan.

Bayi dengan tiga orang tua ini mewarisi sebagian besar DNA dan sifat dari ayah dan ibunya, sementara orang tua ketiga hanya memberikan kontribusi sebesar tiga persen kepada gen bayi tersebut dan tidak memberikan pengaruh terhadap karakteristik rambut dan warna mata.

Penelitian ini sendiri telah mengantungi ijin dari parlemen Inggris sejak Februari 2015 lalu ditengah maraknya protes dari masyarkat. Setahun kemudian, sidang komite bioetis oleh administrasi badan pengawas obat dan makanan AS secara berhati-hati mengijinkan praktek tersebut untuk dijalankan.

Namun sebelum UU baru diciptakan, penelitian ini hanya dapat dijalankan di negara yang memiliki larang terhadap praktek sejenis dengan harapan dapat menolong setidaknya 1 dari 4000 bayi yang lahir dengan mitochondia yang tidak sempurna.

Click to comment
To Top