Sadis.! Penjara Indonesia Dipenuhi Tahanan Narkoba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Sadis.! Penjara Indonesia Dipenuhi Tahanan Narkoba

w750_h400px__1459830117

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Status darurat narkoba yang disandangkan oleh Indonesia memang sangat pantas. Kenapa tidak,  sesuai dengan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Ditjen Pemasyarakatan menunjukan kalau hampir sebagian besar tahanan penjara di Indonesia adalah kasus narkoba.

Direktur Eksekutif Central for Detention Studies Gatot Goei mengatakan, meningkatnya jumlah pengguna narkoba memang menjadi penyumbang overkapasitas penjara. ”Overkapasitas inilah yang kerap menjadi sumber masalah di lapas, salah satunya kerusuhan,” kata Gatot.

Tingginya jumlah pengguna narkoba yang akhirnya dipenjara menyebabkan narkoba justru kerap beredar di dalam lapas.

”Secara tidak langsung, lapas menjadi pasar yang potensial bagi para pengedar dan bandar untuk mengedarkan narkoba. Apalagi, di lapas tidak ada fasilitas rehabilitasi untuk pengguna yang kecanduan,” terang peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu.

Beredarnya narkoba di lapas juga tak lepas dari integritas petugas dan teknologi pencegahan di penjara yang masih kurang. Pemerintah kini berupaya memecahkan persoalan itu.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mengusulkan agar PP 99/2012 direvisi. PP itu mengatur pengetatan pemberian remisi terhadap narapidana kasus narkoba, terorisme, dan korupsi. (gun/idr/c10/sof/JPG)

loading...
Click to comment
To Top