Bappenas Sarankan Helikopter Disewa, Daripada Beli Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Bappenas Sarankan Helikopter Disewa, Daripada Beli Baru

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menyarankan agar kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tidak membeli helikopter untuk melakukan pengawasan terhadap kebakaran hutan, namun Bappenas mengusulkan agar helikopter tersebut disewa saja, seperti dilakukan oleh BNPB.

“Bukan ditolak tetapi kan yang penting pemanfaatannya, nah oleh sebab itu diskusinya adalah kenapa kita tidak sewa saja? Seperti yang dilakukan oleh BNPB dan juga yang lainnya,” kata Sofyan saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (9/6).

Ia menyatakan, apabila cuma satu helikopter dikelola oleh sebuah kementerian, secara keuangan tidak akan efisien. “Tapi kalau misalnya dikelola oleh perusahaan profesional seperti PT Pelita Air Service dan lain-lain, kita tinggal sewa saja misalnya dengan kontrak berapa jam satu tahun karena banyak perusahaan-perusahaan yang mengelola khusus helikopter,” ujarnya.

Terkait perbandingan biaya, Sofyan memastikan akan lebih murah apabila menyewa helikopter, namun yang jadi masalah kalau pengelolanya cuma satu karena diperlukan perawatan yang intensif. “Seperti saat ini, Menkeu (Bambang Brodjonegoro) juga punya ide untuk nanti mobil menteri barang kali kami sewa saja, mobil dirjen kami sewa saja karena lebih hemat, lebih baik, dan lebih mudah dari pada kemudian dikelola oleh birokrasi oleh pemerintah karena tidak akan terkelola dengan baik,” tuturnya.

Sebagai contoh, kata dia, apabila mobilnya mogok bisa diganti dengan yang lainnya. “Pendekatannya adalah negara juga lagi sulit, jadi anggaran itu harus betul-betul efisien. Saya bilang ke Bu Siti Nurbaya (Menteri LHK), kenapa kita tidak sewa saja,” ucap Sofyan. (lum/dil/jpnn)

Click to comment
To Top