Jika PDIP Usung Ahok, Gerindra Ogah Koalisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Jika PDIP Usung Ahok, Gerindra Ogah Koalisi

ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana koalisi besar pada pemilihan gubernur (pilgub) DKI terancam kandas. Partai Gerindra terang-terangan menolak kerja sama dengan PDIP jika partai berlambang banteng moncong putih itu mendukung atau mengusung petahana Basuki T. Purnama (Ahok).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Muhamad Taufik, partainya akan membangun koalisi non-PDIP. Hal tersebut dilakukan untuk mengusung calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub). 

”Opsi itu dilakukan jika PDIP usung Ahok. Gerindra sulit buka komunikasi dengan partai yang dukung atau usung Ahok,” ucapnya kemarin (9/6).

Namun, hingga saat ini, kata wakil ketua DPRD DKI tersebut, partai berlambang banteng gemuk itu sulit untuk mengusung Ahok. Sebab, Ahok sudah menegaskan, pihaknya maju melalui jalur perseorangan. ”Ya, kalau PDIP tetap usung atau dukung Ahok, itu merupakan urusan internal mereka,” terangnya.

Mantan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI tersebut memastikan akan membangun koalisi dengan partai yang tidak mengusung Ahok. Misalnya, bisa dengan PKS, Demokrat, dan PAN.

Dia mengungkapkan akan terus menjalin komunikasi secara intens dengan PDIP dan partai politik di Jakarta untuk menyamakan persepsi membangun koalisi. Bagi Gerindra, menurut Taufik, yang terpenting tidak mengusung Ahok. ”Masak, orang yang sudah menghina partai terus diusung partai. Aneh nggak? Pikir coba,” ketusnya.

Meski hanya PKS dan Gerindra yang melawan Ahok, dia optimistis akan memenangkan cagub dan cawagub yang diusung. ”Ahok sudah enggak laku di Jakarta,” tuturnya. (rya/riz/ano/c5/fal)

loading...
Click to comment
To Top