Kasihaan… Tak Punya Uang, Warga Rela Jalan Kaki Hampir 90 Hari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Kasihaan… Tak Punya Uang, Warga Rela Jalan Kaki Hampir 90 Hari

hqdefault

FAJAR.CO.ID, PALEMBANG- Sekiranya dua bulan lebih kemarin, Warga Suku Anak Dalam (SAD) Bukit 12, Provinsi Jambi, yang berjumlah 31 orang itu berjalan kaki atau “melangun”. Jalan kaki selama puluhan hari ini sebagai ritual adat SAD.

Melangun merupakan ritual untuk membuang sial karena salah satu keluarga SAD ada yang meninggal. Rombongan SAD tersebut dijemput staf Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel di Jl Lurus, perbatasan Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kota Palembang.

Ketua Kelompok SAD Bukit 12, Mengku mengatakan, ritual perjalanan selama tiga bulan itu sudah menjadi tradisi jika ada anggota keluarga yang meninggal.

Kalau tidak dilakukan, semua akan dikenakan denda membayar kain 500 lembar. “Kami tidak ada uang untuk membeli kain itu. Jadi, kami melakukan melangun,” ucapnya.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut dalam ritual tersebut. Perjalanan mulai dari Sarolangun, Lubuklinggau, Tebing Tinggi, Lahat, Muara Enim, Gelumbang, hingga Inderalaya. Kemudian, akan kembali ke kawasan Bukit 12 Jambi.

Menurut Mengku, ada sekitar 2 ribu lagi SAD yang ada di Bukit 12. Mereka terpaksa harus pindah ke dalam hutan karena tempat mereka yang dulu ditinggali sudah dibuka untuk perkebunan sawit.

Dalam perjalanan melakukan ritual melangun, lanjut Mengku, ada musibah. Salah satu anggotanya dijambret saat berhenti istirahat di Inderalaya, kehilangan uang Rp 500 ribu. “Selama perjalanan, kita mendapatkan bantuan makanan dari warga yang peduli,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Sumsel, Belman Karmuda menambahkan, rombongan tersebut diangkut menggunakan truk menuju Panti Sosial Karya Wanita Harapan (PSKWH). “Mereka kami berikan bantuan makanan dan perlengkapan bayi,” imbuhnya.

Masih kata Belman, sebenarnya rombongan tersebut akan difasilitasi ongkos untuk melanjutkan perjalanan hingga ke Jambi. “Tapi, mereka tidak mau pulang naik mobil,” tandasnya. (uni/ce4/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top