Petugas BKPIM Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Lobster Di Bandara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Petugas BKPIM Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Lobster Di Bandara

366210_620

FAJAR.CO.ID, TANGERANG- Balai Besar Karantina dan Pengendalian Mutu (BKPIM) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) Tangerang, Banten berhasil menggagalkan penyelundupan bibit lobster sebanyak 31.732 ekor. Bibit lobster tersebut akan diselundupkan ke Vietnam.

Kepala BKIPM Soekarno-Hatta Siti Chadidjah mengatakan, anak lobster tersebut diamankan oleh petugas di wilayah Dadap, Kabupaten Tangerang, pada Jumat (3/6) lalu. Setelah pelaku diamankan, pada hari yang sama anakan lobster tersebut langsung di kembalikan ke daerah Pangandaran, Jawa Barat untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

“Jumat pekan lalu petugas BKIPM mengamankan baby lobster di daerah Kosambi, Dadap, Kabupaten Tangerang. Baby lobster tersebut disembunyikan di dalam kantong berisi air oxygen dan dimasukkan ke koper,” ujarnya, Kamis (9/6).

Saat ini, lanjutnya, BKIPM masih menyelidiki kasus percobaan penyelundupan itu. Beberapa eksportir yang terlibat sedang diperiksa. “Kasus ini kami kembangkan dan masih kami selidiki. Kami bekerja sama dengan Bareskrim Polri,” ungkapnya.

Menurutnya, harga per satuan anakan lobster senilai Rp 40 ribu. Total estimasi mencapai Rp1,2 miliar.  “Setelah kami hitung, perkiraan harga keseluruhan baby lobster sebanyak 31.732 ekor nilainya Rp 1,2 miliar. Baby lobster itu akan dikirim ke Vietnam melalui Singapura,” katanya. (mg15/dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top