Reklamasi Tetap Bisa Dilanjutkan, Begini Penjelasannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Reklamasi Tetap Bisa Dilanjutkan, Begini Penjelasannya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait reklamasi Teluk Jakarta dinilai sama sekali tidak membatalkan proses reklamasi.

“Cara paling bijak, sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 (UU Administrasi Pemeritahan,red), Pak Gubernur bisa melakukan penyesuaian,” ujar Kepala Studi Hukum Administrasi Negara Universitas Indonesia (UI) Dian Puji Simatupang, dalam diskusi yang digelar The Indonesian Institute, Kamis (9/6) petang.

Menurut Dian, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dapat mengambil kebijakan tertentu, sehingga proses pembangunan dapat kembali dilanjutkan. Misalnya, melaksanakan terlebih dahulu prosedur-prosedur sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang.

“Keputusan PTUN kan menyatakan tak sesuai prosedur, maka disesuaikan dulu. Kemudian menerbitkan SK (surat keputusan) baru dengan menyebut perubahan dari SK yang lama dengan telah disesuaikan,” ujarnya.

Dian menyatakan pendapatnya, karena dalam seluruh aturan yang ada, tidak ada larangan dilakukannya reklamasi. Sepanjang memenuhi azas-azas yang telah ditetapkan.

“Jadi ini untuk menjaga kepentingan, publik dan investor juga. Caranya, menyeimbangkan dalam satu keputusan administrasi, dengan penyesuaian. Langkah ini penting karena selama ini di Indonesia masih terdapat banyak hal yang belum terstruktur dengan baik. Karena itu perlu dilakukan esensi utama, mengupakan policy kebijakan yang transparan dan akuntabel,” ujar Dian. (ras/jpnn)

 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top