Ini Rahasianya Foxconn Berkembang Jadi Perusahaan Eletronik Terkemuka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Ini Rahasianya Foxconn Berkembang Jadi Perusahaan Eletronik Terkemuka

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Foxconn memiliki keunggulan tersendiri sebagai perusahaan elektronik. Produsen smartphone terkemuka di sunia itu terkenal karena dominasinya sebagai manufaktur oursourcing di sektor 3C. Yakni, Computer, Communication, and Consumer-electronics.

Tak sedikit perusahaan dari Eropa, Jepang, dan Amerika yang ingin mengurangi biaya tenaga kerja tanpa mengorbankan kualitas, menjadi mitra Foxconn. Di antaranya, Apple, Amazon, Sony, BlackBerry, Xiaomi, Motorola, dan Huawei.

Perusahaan yang didirikan oleh Terry Gou pada 1974 dengan nama Hon Hai Precision Industry Company Ltd ini memiliki keunggulan kompetitif yang berasal dari model bisnis e-enabled Components, Modules, Moves and Services (eCMMS). Selain itu, budaya Foxconnian –sebutan untuk karyawan yang bekerja di Foxconn- juga terbilang unik.

eCMMS merupakan model bisnis one stop shopping vertikal yang mengintegrasikan kemampuan mekanik, listrik, dan optik sekaligus. Ini mencakup solusi mulai dari pencetakan, perkakas, bagian mekanis, komponen, modul, sistem perakitan, desain, manufaktur, pemeliharaan, logistik, dan lain-lain.

Melalui model bisnis eCMMS ini, perusahaan yang berpusat di Taiwan itu tidak hanya menjadi manufaktur 3C terbesar di dunia, tetapi juga di waktu yang sama memiliki rantai pasokan (supply chain) terpendek.

Mereka mendefinisikan produk perusahaan pada kecepatan, kualitas, engineering services, fleksibilitas dan hemat biaya. Foxconn juga mengklaim sebagai perusahaan perttama yang menggunakan teknologi CNC untuk produksi  yang meliputi lebih dari 80.000 mesin.

Kerangka pengembangan teknologi Foxconn saat ini diklaim mencakup seluruh spektrum teknologi. Mereka memproduksi berbagai jenis perangkat dari seperti wearable, smartphone, tablet, notebook, komputer desktop, TV portable, papan tulis digital, signage digital, kendaraan listrik, dan robot. Juga mengembangkan produk jaringan dan solusi untuk internet, internet of things, dan smart grid. (fab/JPG)

To Top