Andi Taufan Tersangka Korupsi, Ketum PAN Siap Pengganti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Andi Taufan Tersangka Korupsi, Ketum PAN Siap Pengganti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) Andi Taufan Tiro tersandung kasus suap proyek Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PURP). Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada APril lalu oleh KPK, Andi Taufan langsung mengundurkan diri.

Menyikapi pemunduran diri ini, ketua umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan telah menyiapkan pengganti Andi Taufan. Menurut Zulkifli Hasan, pengganti Andi akan masuk melalui proses pergantian antar waktu (PAW).

“Iya beliau memang sudah mengundurkan diri. Dan pasti akan diproses (PAW),” kata Zulkifli di sela-sela acara Sosialisasi 4 Pilar di Garut, Minggu (12/6).

Andi merupakan anggota Komisi V DPR yang membidangi infrastruktur dan perhubungan. Andi terseret kasus suap ke anggota Komisi V DPR dari PDIP, Damayanti Wisnu Putranti. Dalam surat dakwaan atas pengusaha Direktur PT Windu Tunggal Utama (WTU), Abdul Khoir terungkap adanya uang ke Andi. Abdul menggelontorkan uang Rp 7,4 miliar untuk Andi dengan tujuan agar anggota Fraksi PAN itu mendorong Komisi V DPR meloloskan usulan proyek rekonstruksi jalan di Maluku dan Maluku Utara.

Akhirnya Andi dijerat KPK sebagai tersangka penerima suap. Andi pun memutuskan mundur dari DP.

Hanya saja, PAW untuk Andi memang tak bisa dilakukan secepatnya. “Ini butuh waktu,” ujar Zulkifli.

Sebelumnya Zulkifli saat berkunjung ke Kota Serang beberapa waktu lalu menyatakan, kader PAN yang terlibat korupsi harus mundur. Hal itu juga berlaku bagi kader PAN yang duduk di legislatif.

“Kader yang korupsi harus berhenti, termasuk anggota DPR RI Andi Taufan Tiro yang sudah mundur. Surat pengunduran diri sudah ada,” bebernya.(ded/jpg/ara/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top