Arus Mudik Lebaran Diprediksi Naik 13 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Arus Mudik Lebaran Diprediksi Naik 13 Persen

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, meyakini jumlah penumpang pada masa arus mudik tahun ini akan mengalami peningkatan.

Berdasarkan data ASDP, jumlah trip kapal di lintasan Merak – Bakauheni, yang merupakan jalur penyeberangan tersibuk akan mengalami kenaikan dua persen dari 1.566 trip tahun lalu, menjadi 1.597 trip tahun ini.

“Jumlah penumpang akan mengalami kenaikan 13 persen, truk sebanyak empat persen, sepeda motor lima persen, kendaraan kecil delapan persen, dan bus sebanyak lima persen,” ujar GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy L Kaunang.

Sementara, saat arus puncak mudik diperkirakan akan mencapai 112 trip, dengan jumlah penumpang bisa mencapai 90 ribu orang per hari, sepeda motor 20 ribu unit per hari, dan sekitar 13 ribu kendaraan kecil per harinya.

Meski begitu, Kemal meyakini, kapasitas terpasang kapal akan mencukupi, karena akan dioperasikan kapal berukuran besar mulai H-5. ”Sebanyak 56 dari total 59 unit kapal yang beroperasi di Merak, siap melayani angkutan penyeberangan selama mudik Lebaran 2016,” tandas Tommy. (chi/jpnn)

To Top