Gaji PNS Melangit, Masyarakat Minta Layanan Publik Maksimal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Gaji PNS Melangit, Masyarakat Minta Layanan Publik Maksimal

MENPAN-YUDDY-2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hanya di Era Presiden Joko Widodo alias Jokowi, gaji Pagawai Negeri Sipil (PNS) menembus empat juta perbulan. Sedikitnya ada 4,517 juta PNS yang tersebar di Indonesia yang kini masuk dalam skala sejahtera.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan naik gaji PNS karena tiap tahun PNS mendapat tunjangan kinerja dan gaji ke-13.

“Kalaupun tahun ini gaji tidak naik, namun pemerintah memberikan PNS gaji ke-14 atau THR. Ini adalah kali pertama dalam sejarah Indonesia, ada THR PNS,” kata Yuddy, Minggu (12/6).

Dengan berbagai tambahan fasilitas itu, kata Yuddy, rerata PNS bisa mengantongi gaji Rp 4 juta per bulan.‎ Itu pula yang membuat masyarakat menuntut layanan publik lebih maksimal.

“Wajar kalau masyarakat butuh peningkatan layanan publik. Mereka bayar pajak, pajaknya untuk bayar gaji PNS. Kalau PNS-nya malas-malasan untuk apa digaji besar?” ujarnya.

Menteri asal Hanura itu menambahkan, tidak ada alasan bagi PNS untuk bekerja semau sendiri. Sebab, semua ada aturan dan standar kinerja yang harus ditaati setiap PNS.

Karenanya, bagi yang tidak bisa memenuhi standar maka sudah selayaknya dirasionalisasi. “Saya yakin masyarakat tidak akan rela bila hasil pajak yang mereka bayarkan hanya dipakai untuk menggaji PNS malas,” tandasnya.(esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top