Gubernur Banten Ingatkan Satpol PP Utamakan Kemanusiaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Gubernur Banten Ingatkan Satpol PP Utamakan Kemanusiaan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Akhir-akhir ini banyak petugas pemerintah yang melakukan razia terhadap rumah-rumah makan yang buka di bulan Ramadan. Guna menciptakan rasa aman bagi pemilik rumah makan, Gubernur Banten, Rano Karno mengingatkan Satpol PP untuk mengutamakan langkah-langkah persuasif saat melakukan razia.

Bahkan Rano sangat menyesal jika langkah Satpol PP cenderung tidak persuasif dan tidak manusiawi. Mantan aktor film  yang saat ini sedang melakukan perjalanan umroh dari Bir Ali menuju Makkah, menerima laporan, jika ada razia terhadap warung-warung nasi yang buka di siang hari. Dan juga sedang dilakukan razia oleh Satpol PP Pemkot Serang dan pemkab di wilayah Banten.

Razia dilakukan dengan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2010 tentang Penyakit Masyarakat (PEKAT) yang dikeluarkan oleh Walikota Serang dan MUI Kota Serang.

“Selaku Gubernur Banten saya mengimbau kepada pemerintah kota dan kabupaten untuk melakukan langkah-langkah persuasif dan humanis dalam menegakkan aturan,” kata Rano dalam rilisnya, Minggu (12/7).

Pemeran utama “Si Doel Anak Sekolahan” itu juga menyesalkan langkah dan pendekatan yang cenderung represif. “Saya meminta kepada semua pihak untuk menahan diri dan tidak mudah terpancing melakukan langkah-langkah yang tak perlu,” katanya.

Menurut Doel, sosialisasi aturan dan law enforcement harus tetap memperhatikan pentingnya menegakkan keadilan dan merawat sisi kemanusiaan. “Sekali lagi, saya menyerukan pada semua pihak untuk mengedepankan cara-cara yang manusiawi dalam menegakkan aturan,” pintanya.

Dikatakan, Ramadan adalah bulan untuk saling menghargai dan saling memaafkan. Karena itu, jangan jadikan Ramadan yang indah untuk menebar kebencian.

“Toleransi ada karena sadar bahwa kita tak selalu sama. Mari kita rayakan kemajemukan, perbedaan ini dengan penuh rasa syukur, dengan taburan rahmat dan limpahan kasih sayang,” pungkasnya.(fas/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top