Kasihan, Puluhan Calon Jemaah Umroh yang Ditipu Ustad Kondang Dibarkan Terlantar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kasihan, Puluhan Calon Jemaah Umroh yang Ditipu Ustad Kondang Dibarkan Terlantar

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Sebanyak 93 calon jamaah umrah asal Sigli, Aceh, merasa tertipu dengan salah satu biro perjalanan di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Setelah sampai di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Medan, para calon tamu Allah SWT itu tak kunjung berangkat ke tanah suci. Padahal para jamaah itu telah melunasi semua biaya keberangkatan ke Biro Perjalanan yang bernama AZ Tour and Travel itu.

Bukhori (40), salah seorang calon jamaah umrah mengaku, para jamaah begitu mudah percaya dengan biro perjalanan itu, karena pihak mereka menggunakan jasa salah seorang ustaz kondang. “Sehingga para calon jamaah itu tidak khawatir untuk menyetorkan biaya keberangkatan umrah,” ungkap Bukhori yang dilansir dari Sumut Pos, Sabtu (11/6).

Kendati masih telantar di Bandara Kualanamu, Bukhori bersama rombongan akan terus menginap di bandara sembari menunggu hasil koordinasi dengan pihak biro perjalanan.

“Kami tetap menuntut diberangkatkan sesuai dengan janji. Kami masing-masing malu kalau tidak jadi berangkat. Bukan soal uangnya, tapi kami sudah ditepung tawari ketika hendak berangkat dari rumah masing-masing,” sambungnya.

Manager Airport Duty Kualanamu, M Syukur, membenarkan adanya calon jamaah umrah asal Aceh belum juga diterbangkan biro perjalanan mereka.

“Saya dapat laporan jemaah umrah itu tadi pagi. Secara resmi, laporan belum masuk sama kita,” aku Syukur.

Dikatakannya, saat ini para calon jamaah dapat dikatakan batal berangkat. Untuk sementara para jamaah itu ditempatkan di lantai mezzanine terminal penumpang Kualanamu untuk beristirahat, sembari mengurus polemik para calon jamaah dengan biro perjalanan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Jumat malam (10/6) calon tamu Allah SWT itu telantar di Bandara Internasional Kualanamu. Mereka tidak mendapatkan kejelasan kapan diterbangkan ke Arab Saudi.

Disinyalir para jamaah ini menjadi korban penipuan biro perjalanan bodong. memilih tidur dan istirahat dengan beralaskan ambal yang difasilitasi Angkasa Pura II Cabang Kualanamu.

Kecurigaan jamaah, ketika mereka berangkat dari Aceh menuju Medan dengan menumpang empat unit bus. Anehnya mereka harus membayar sendiri ongkos naik bus tersebut. Sejatinya perjalanan dari Aceh ke Medan telah menjadi tanggungan dari biro perjalanan.

(ted/jie/iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top