Petugas Bandara El Tari Kupang Gagalkan Keberangkatan 25 Tenaga Kerja Ilegal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Petugas Bandara El Tari Kupang Gagalkan Keberangkatan 25 Tenaga Kerja Ilegal

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, NTT- Petugas Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil menggagalkan 25 Calon Tenaga Kerja (CTK) ilegal.

Penggagalan dilakukan tim gabungan pemberantasan perdagangan orang dan pencegahan serta penanganan calon TKI/TKW bermasalah atau nonprosedural di Provinsi NTT.

Tim terdiri dari Satgas Pengamanan Bandara El Tari, Avsec PT Angksa Pura I Bandara El Tari, dan Dinas Nakertrans Provinsi NTT.

Selain para CTK, petugas juga mengamankan seorang pengantar sekaligus perekrut, Deo Lindo Pereirra.

Dari informasi yang dihimpun Timor Express (Jawa Pos Group), penggagalan CTK bermula saat Deo Lindo Pereirra hendak melakukan check in keberangkatan 25 CTK tujuan Lampung tersebut.

Petugas yang mengendus rencana keberangkatan CTK ilegal tersebut, langsung menginterogasi sang perekrut. Setelah dilaksanakan pengecekan, yang bersangkutan tidak bisa menujukkan surat keterangan dari Dinas Nakertrans Provinsi NTT untuk izin perekrutan CTK.

Petugas juga mendapati 3 orang CTK yang tidak memiliki KTP, dan hanya mengantongi surat keterangan domisili.

Para CTK ilegal tersebut kemudian didata petugas, dan diketahui sebanyak 16 orang berasal dari Kabupaten Kupang dan 9 orang lainnya dari Kabupaten TTS.

Deo Lindo Pereirra saat diinterogasi petugas, mengaku CTK yang direkrutnya hendak dipekerjakan pada PT. Centraper Dwi Bahari Lampung.

Sekdis Nakertras NTT, Yosep mengatakan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menimpa tenaga kerja asal NTT, diharapkan seluruh masyarakat apabila akan bekerja di luar negeri atau di dalam negeri, wajib melapor terlebih dahulu ke Dinas Nakertrans untuk diberikan pengarahan dan pemberian hak-hak sebagai tenagah kerja.

Baik itu masalah gaji, fasilitas, maupun asuransi, sehingga selalu terlindung dari aksi pihak–pihak yang tidak bertanggungjawab. (joo/fab/JPG)

Click to comment
To Top