Politisi Gerindra Heran Dengan Kebijakan Rasionalisasi Pegawai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Politisi Gerindra Heran Dengan Kebijakan Rasionalisasi Pegawai

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Keputusan pemerintah untuk merasionalisasi pegawai negeri sipil (PNS) akan tetap berlaku, meski sedikit mendapat hambatan. Kebijakan pemerintah ini mendapat kritik dari politisi partai Gerindra Bambang Riyanto karena dianggap tidak masuk diakal.

Menurut Riyanto, dirinya tidak habis pikir dengan rencana pemerintah yang akan merasionalisasi PNS. Dari perhitungan mantan Bupati Sukoharjo ini‎, jumlah PNS pada 2019 sudah berkurang tanpa rasionalisasi.

“Hitungan bodoh-bodoh saya, 2019 jumlah PNS kita akan berkurang hampir sejuta orang. Itu dari jumlah PNS pensiun dan rekrutmen PNS baru yang zero growth,” ujarnya kepada JPNN, Minggu (12/6).

Anggota Komisi II DPR RI ini mengaku heran dengan alasan pemerintah terkait pengurangan jumlah PNS. Padahal di daerah-daerah otonom baru, justru kekurangan pegawai.

“Kalau lihat PNS-nya cuma bengong karena tidak punya kerjaan, ya jangan langsung di PHK. Harusnya dibina dulu kemudian ditempatkan ke jabatan yang sesuai keahliannya atau dimutasi ke wilayah kekurangan pegawai. Bila mereka menolak, baru pemerintah bisa memberikan sanksi seperti pensiun dini, dan lain-lain,” tuturnya.

Bambang menambahkan, sejak menjadi menteri, Yuddy Chrisnandi sering mengeluarkan kebijakan yang sensasional. Kebijakan itu kemudian disoal masyarakat dan dikembalikan ke aturan lama meski dengan embel-embel catatan.

“Jadi menteri mbok ya bisa meringankan beban presiden. Bukannya malah bikin suasana gaduh terus,” sarannya.(esy/jpnn)

Click to comment
To Top