RUSUH! Suporter Rusia dan Inggris Saling Serang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

RUSUH! Suporter Rusia dan Inggris Saling Serang

FAJAR.CO.ID, MARSEILLE–Kerusuhan suporter yang terjadi sebelum dan sesudah laga Inggris lawan Rusia, Grup B Euro 2016, memang cukup mengerikan. Kerusuhan di Marseille dan sekitar Stadion Velodrome itu tak luput dari perhatian UEFA, induk organisasi sepak bola tertinggi Eropa.

Banyak korban yang berjatuhan, darah pun bercecer di mana-mana. Meski begitu, hal paling memuakkan terjadi sesaat setelah laga.

Ketika beberapa Ultras Rusia tiba-tiba menyerang pendukung Inggris dan beberapa orang lokal yang menonton laga.

Ironis karena ada anak-anak, perempuan dalam kumpulan yang diserang itu.

Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), akhirnya membuat pernyataan resmi terkait hal ini. Benar saja, sanksi sepertinya akan diberikan kepada Asosiasi Sepak Bola Rusia terkait hal ini. Tidak untuk Inggris.

“UEFA sangat mengecam kekerasan dan perselisihan yang terjadi di pusat kota Marseille. Khusus kejadian yang terjadi di Stade Velodrome, kami menganggap itu insiden sangat serius,” tulis situs resmi mereka.

“Hal tersebut tak bisa diterima dan tak dapat tempat di sepak bola. Proses pendisiplinan pun kami buka terhadap RFU (Asosiasi Sepak Bola Rusia) terkait masalah di dalam stadion yang meliputi: Mengganggu penonton, memasang kembang api, dan melempar flare. Putusan terkait sanksi akan kami tetapkan dalam beberapa hari ke depan, sesaat setelah RFU menerima pernyataan kami,” tambah mereka.

Kejadian di dalam stadion memang menjadi tanggung jawab penyelenggara. Masuk akal jika UEFA berani bertindak tegas terkait masalah di dalam stadion, tapi tak mau terlalu ikut campur soal masalah di luar stadion.

Pasalnya tak ada yang tahu jelas siapa-siapa saja yang membuat keributan sebelum dan sesudah laga di sekitar Marseille. (rap/JPG/fajar)

To Top