WASPADA! Petugas PLN Gadungan, Begini Modusnya.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

WASPADA! Petugas PLN Gadungan, Begini Modusnya..

25012012

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR,  – Modus penipuan dengan cara berpura-pura sebagai petugas PLN terjadi di Makassar. Dua orang pelakunya, yakni Risal (26), dan Jamal Daeng Pata (26), warga Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, berhasil diringkus jajaran Polsek Rappocini setelah  menggundul harta benda milik korban.

Keduanya diketahui melakukan pencurian di rumah salah satu warga bernama Yazirwan Mahzud (22) di BTN Minasa Upa Blok A/B2 No 5, Kecamatan Rappocini, Kamis (9/6).

Dalam aksinya, pelaku yang berpura-pura sebagai petugas PLN tersebut datang dan ke rumah korban dan bermaksud ingin mamasang sticker pengamanan box kwh meteran listrik.

Korban yang saat itu sedang berada di kamar dikagetkan dengan kedatangan kedua pelaku yang tiba-tiba sudah masuk ke ruang tamu korban. Korban kemudian mempertanyakan maksud kedatangan keduanya.
Namun dengan santainya, pelaku menjelaskan bahwa kedatangannya bertujuan untuk memasang box kwh meteran listrik. Pelaku juga memperlihatkan kwitansi pemasangan pengaman box kwh listrik PLN, lengkap dengan stempel dan tarif Rp100 ribu serta biaya operasional Rp20 ribu.

Saat salah satu dari pelaku terlibat percakapan dengan korban, satu pelaku lainnya malah memanfaatkan situasi dengan mengincar barang milik korban berupa ponsel dan jam tangan.
“Pelaku datang mengaku petugas PLN. Katanya mau pasang sticker di meteran. Saya bicara dengan salah satu pelaku, sementara satu pelaku lainnya masuk ke dalam rumah berpura-pura melihat instalasi listrik, ternyata pelaku mengambil handphone dan jam tangan saya,” ungkap korban.

Setelah berhasil menggundul barang berharaga milik korban, pelaku kemudian minta pamit kepada korban. Namun korban yang curiga langsung mengejar keduanya sambil berteriak, hingga memicu perhatian warga di sekikat lokasi.

“Waktu saya masuk jam tangan dan handphone saya sudah hilang. Saya langsung keluar dan mengejar pelaku sambil teriak, sampai tetangga saya keluar dan berhasil mencegat kedua pelaku,” tambahnya.

Warga yang berhasil mengamankan pelaku langsung menghubungi pihak Polsek Rappocini. Polisi yang tiba ke lokasi langsung mengamankan kedua pelaku berikut dua barang bukti, yakni 1 buah ponsel merek Samsung Galaxi Note 2 warna putih dan jam tangan merek Designer warna hitam milik korban. Tak hanya itu, sepeda motor yang digunakan kedua pelaku, yakni Honda Beat warna merah dengan Nomor Polisi DD 2396 SY turut disita.

“Kami lansung bergegas mengamankan kedua pelaku bersama barang bukti ke Mapolsek Rappocini. Selanjutnya kedua pelaku diterima piket fungsi dipimpin Pawas Ipda Daniel Tambing,” ujar IPDA Nurtjhayana, Jumat (10/6). dikutip dari BKM (Fajar Group) hari Ini.

Dalam pemeriksaannya, keduanya mengaku melakukan aksi pencurian dengan berpura-pura sebagai pegawai PLN. Akibat perbuatannya, kedua pelaku terancam berlebaran di Sel Mapolsek Rappocini. (ish-ril/Bkm/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top