Soal Hukuman Kebiri, Luhut Optimis IDI Berubah Pikiran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Soal Hukuman Kebiri, Luhut Optimis IDI Berubah Pikiran

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah optimistis Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan berubah pikiran. Ini terkait dengan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan yakin bahwa IDI bakal mau menjadi eksekutor terhadap hukuman tersebut. 

‎”Ya kita lihat dulu, Indonesia kan seminggu dua minggu suka begitu, setelah itu dia tenang sendiri,” ujarnya menanggapi penolakan IDI di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/6). 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Yohana Yembise mengatakan, pemerintah sedang membuat kajian untuk bisa didiskusikan dengan IDI. Bahkan, Kementerian Hukum dan HAM mengadakan studi banding ke sejumlah negara yang menerapkan hukuman kebiri. ‎

“Mudah-mudah‎an ke depan ada hasil yang bisa kita pake untuk diskusi bersama-sama dengan IDI tentang ini,” tuturnya. 

Sejauh ini, pemerintah masih merancang mekanisme hukuman kebiri yang akan dituangkan dalam peraturan pemerintah (PP). ‎Ada tiga PP yang akan diluncurkan. Di antaranya, PP rehabilitasi sosial, PP untuk nanti kebirinya, dan PP pemasangan chip. 

“Ini yang sedang dibuat‎ dan dalam proses kita untuk koordinasi antar kementrian lembaga‎,” pungkas Yohana. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top