Austria Vs Hungaria: Laga Derby Kecil di Pertemuan ke-138 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Austria Vs Hungaria: Laga Derby Kecil di Pertemuan ke-138

Austria's coach Marcel Koller eyes the ball during a training session of Austria's national football team in Mallemort, southern France, on June 11, 2016, during the Euro 2016 football tournament.  / AFP PHOTO / TOBIAS SCHWARZ

FAJAR.CO.ID, BOURDEAUX – Duel tetangga dekat. Julukan pas untuk menggambarkan pertemuan antara Austria kontra Hungaria pada Selasa (14/6) malam WIB. Bukan apa-apa, kedua negara memang berdekatan dan memiliki hubungan yang baik. 

Berdasar itu, keduanya pun sudah tak asing bertemu di atas lapangan hijau. Ini untuk ke-138 kalinya Austria dan Hungaria berduel. 

Dari 137 pertemuan sebelumnya, Hungaria mencatat jumlah kemenangan lebih banyak yakni 66 kali. Sedangkan Austria 40 kali, dan sisanya yakni 31 kali berakhir imbang. 

Lantas, kenapa disebut pertama sejak 1934. Maklum saja, pertemuan keduanya kebanyak bertajuk persahabatan dan kualifikasi. Sedangkan di putaran final sebuah turnamen sangat jarang. 

Perlu diketahui, Austria dan Hungaria pertama kali bentrok pada turnamen resmi di Piala Dunia 1934, tepatnya di perempat final. Kala itu, Austria menang dengan skor 2-1. 

Setelah itu, pertemuan keduanya lebih sering terjadi dalam ajang persahabatan dan kualifikasi. Setelah 82 tahun lamanya, Austria dan Hungaria kembali bersua di turnamen resmi. 

Bagi Hungaria, ini juga menjadi laga pertama mereka di putaran final Euro setelah absen 44 tahun. Terakhir kali Hungaria tampil di putaran final Euro pada 1972 dan kala itu menduduki peringkat ke-4. Tentu saja Hungaria tak mau menyia-nyiakan momen langka ini dengan menargetkan kemenangan. Ambisi Gabor Kiraly adalah bisa lolos dari fase grup. 

Sementara itu, Austria juga memiliki misi khusus di Euro kali ini. Mereka berharap bisa meraih kemenangan perdana setelah pada Euro 2008 saat bertindak sebagai tuan rumah, tak mencatat kemenangan.

“Saya sangat paham terkait sejarah pertemuan Austria dan Hungaria. Anda bisa mengatakan duel ini adalah derby kecil. Kami ingin bisa mencatatkan kemenangan meski tahu Hungaria memiliki permainan yang bagus terutama dalam hal serangan balik,” sebut Marcel Koller, pelatih Austria. 

“Ini adalah pertandingan penuh sejarah. Hungaria dan Austria memiliki sejarah panjang di sepak bola. Kami menantikan laga yang benar-benar menarik,” imbuh pelatih Hungaria, Bernd Storck.(epr/JPNN)

Perkiraan Susunan Pemain
Austria (4-2-3-1):
 Almer; Klein, Dragović, Prödl, Fuchs; Alaba, Baumgartlinger; Harnik, Junuzović, Arnautović; Janko.
Pelatih: Marcel Koller

Hungaria (4-2-3-1): Király; Fiola, Guzmics, Lang, Kádár; Gera, Nagy; Dzsudzsák, Kleinheisler, Németh; Szalai.
Pelatih: Bernd Storck

Rekor Pertemuan
Tampil: 137
Austria menang: 40
Hungaria menang: 66
Seri: 31

loading...
Click to comment
To Top