Baru 14 Tahun, Perempuan Ini Catat Rekor Mahasiswa Termuda Loh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Baru 14 Tahun, Perempuan Ini Catat Rekor Mahasiswa Termuda Loh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hampir semua Universitas di Indonesia, baik Universitas negeri maupun swasta melakukan penerimaan calon mahasiswa baru, dipastikan rata-rata memiliki usia diatas 16 tahun. Namun hal berbeda terjadi di Universitas Airlangga (UNAIR).

Di UNAIR,  Syarifah Salsabila (14)  terdaftar sebagai calon mahasiswa termuda lulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016. Syarifah saat ini tercatat sebagai calon mahasiswa termuda di UNAIR pada program studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Hasil kelulusan Syarifah Salsabila ini menjadi perhatian tersendiri. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr Arry Bainus, MA mengakui, anak-anak yang mampu menempuh pendidikan dengan cepat memiliki kemampuan akademis yang luar biasa.

Arry menyebutkan, di Unpad ada mahasiswa baru bernama Hazel Faras Alhafiz. Ia diterima di Fakultas Kedokteran saat usianya masih 15 tahun.

“Mereka memulai sekolah dasar (SD) di usia tujuh tahun. Kemudian dengan kemampuan yang luar biasa mampu ikut akselerasi. Begitu juga ketika SMP dan SMA. Sehingga 15 tahun sudah bisa kuliah, nanti 19 tahun sudah lulus,” katanya baru-baru ini.

Di Unpad tak ada program akselerasi. Tapi kalau setiap semester mereka mampu konsisten mengambil 24 SKS, dalam kurun kurang dari empat tahun pun gelar sarjana sudah bisa dikantongi.

Sebelumnya, calon mahasiswa masuk di perguruan tinggi bahkan ada yang masih 13 tahun, yakni Musa Izzanardi yang memilih masuk ITB dan UI pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

Click to comment
To Top