Hasil Penelitian Ini Ungkap Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Hasil Penelitian Ini Ungkap Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur

FAJAR.CO.ID – Seperti diketahui, air susu ibu atau ASI memberikan manfaat sehat terhadap bayi, menurut sebuah hasil penelitian terbaru mengungkapkan adanya manfaat yang lebih yang dimiliki air susu alami tersebut.

Menurut hasil penelitian Cardiovascular Clinical Research Facility Universitas Oxford, Inggris, ASI juga berperan penting dalam memberikan struktur dan fungsi jantung yang kuat terhadap bayi yang lahir dalam keadaan prematur.

Kabar ini tentunya menjadi angin segar tersendiri bagi para orang tua yang melahirkan buah hatinya secara prematur, yang biasanya diikuti dengan gangguan fungsi pada jantung.

Penelitian tersebut mengungkapkan, gangguan pertumbuhan yang dimaksud biasanya terjadi pada awal-awal bulan kelahiran bayi yang mengakibatkan dinding jantung yang lebih kecil dari normal, menebalnya otot jantung yang akan diikuti dengan gangguan fungsi jantung ke depannya.

“Bahkan susu formula bayi sekali pun tidak dapat menghasilkan enzim dan antobodi yang dihasilkan ASI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua dengan bayi prematur dapat meningkatkan pertumbuhan fungsi jantung bayinya dengan pemberian ASI,” ungkap Dr. Adam Lewandowski seperti dikutip dari Medical News Today.

Hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Pediatrik itu berpendapat bahwa ASI memberikan banyak benefit bagi para bayi, di antaranya mengurangi resiko asma, obesitas diusia dini, leukimia pada anak, Eczema dan infeksi saluran pendengaran.

loading...
Click to comment
To Top