MK Putuskan Grasi Bisa Diajukan Kapan Saja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

MK Putuskan Grasi Bisa Diajukan Kapan Saja

Mahkamah Konstitusi (MK)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan pasal 7 ayat (2) UU Grasi yang membatasi masa pengajuan grasi hanya selama setahun tahun pasca keluarnya putusan yang berkekuatan hukum tetap alias inkracht. Ini tentunya menjadi harapan baru bagi para terpidana dengan hukuman berat.

MK memandang, pasal tersebut inkonstitusional. Selain sebagai hak konstitusional terpidana, grasi merupakan hak prerogatif presiden. Dengan demikian, tidak tepat jika ada pembatasan masa pengajuannya.

”Pembatasan jangka waktu pengajuan permohonan grasi sebagaimana diatur dalam pasal 7 ayat (2) UU Grasi, berpotensi menghilangkan hak konstitusional terpidana khususnya terpidana mati,” kata salah seorang hakim konstitusi, Aswanto, saat membacakan putusan di ruang sidang MK Rabu (15/6).

Menurut majelis hakim, pembatasan waktu pengajuan grasi juga bisa menghalangi upaya hukum luar biasa yang dilakukan terpidana jika sewaktu-waktu menemukan bukti baru. “Bukti baru atau novum tidak bisa ditentukan waktunya,” ujarnya menambahkan.

Di luar itu, dengan tidak dibatasi waktu, grasi bisa menjadi opsi bagi terpidana mati yang berada dalam kondisi memprihatinkan. Seperti sakit keras, sakit tua, mendadak gila, maupun menderita penyakit menular yang sulit untuk ditempatkan di lapas.

“Sehingga secara akal yang sehat, dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan harus diberi kesempatan secara hukum dalam hal ini melalui pemberian grasi,” terangnya.

Uji materi ini sendiri diajukan oleh Suud Rusli, terpidana mati kasus pembunuhan Dirut PT Asaba Budyharto Angsono. (far/agm/JPG)

loading...
Click to comment
To Top