Punya Program Berbeda, Bupati Ini Harap Mobil Sehat Jadi Percontohan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Punya Program Berbeda, Bupati Ini Harap Mobil Sehat Jadi Percontohan

FAJAR.CO.ID, TABANAN – Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang kembali terpilih pada pilkada 2015 silam telah melakukan evaluasi terhadap program-program yang dilakukan pada periode sebelumnya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah program mobil sehat yang ia cetuskan pada awal tahun 2014. Nah, dia berjanji akan terus merealisasikannya sampai periode kedua ini.

“Mobil sehat seperti ini semoga jadi contoh untuk daerah-daerah lainnya, guna tercapainya pelayanan kesehatan bagi semua elemen masyarakat terutama yang berada di pelosok,” kata Eka saat meninjau dua unit mobil sehat yang akan beroperasi di Dinas Kesehatan, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Kamis (16/6).

Mobil sehat sangat tepat digunakan di Tabanan. Apalagi kabupaten tersebut mayoritas wilayahnya terdiri dari hutan, pegunungan, bukit serta pantai. Nah, mobil sehat itu sebuah solusi yang sangat tepat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya.

Eka pun berjanji kedepannya akan menambah lagi biaya operasional mobil sehat tersebut supaya bisa beroperasi secara maksimal.

Eka  menambahkan, pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola yang dilakukan Pemkab Tabanan merupakan sebuah terobosan serta bentuk perhatian Pemkab Tabanan terhadap masyarakat.

Ada tiga pelayanan kesehatan yang dilayani oleh Mobil Sehat yakni pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan IVA dan pemeriksaan mata, dengan alat kesehatan setara rumah sakit.

“Selain untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola juga untuk mencapai target Tabanan bebas kanker serviks di 2016 serta penuntasan kebutaaan karena katarak, yang mana kanker serviks awalnya sebanyak 18 persen dan untuk tahun ini ditargetkan berkurang menjadi 4 persen, dan juga untuk penuntasan kebutaan karena katarak telah disiapkan pelayanan operasi katarak secara langsung disertai dengan pembagian kacamata gratis dengan jumlah 200 hingga 500 kacamata,” imbuh Eka.

Mengenai pengatasan  permasalahan kanker serviks, Kabupaten Tabanan memang patut dijadikan percontohan nasional bagi daerah-daerah lain, dimana ia mampu menekan angka korban yang sangat drastis dalam setiap tahunnya.

“Kabupaten Tabanan telah berhasil menekan angka korban akibat kanker serviks, strateginya dari mulai ibu-ibunya kita gerakan supaya peduli dengan kesehatan. Karena kalau ibu sehat, bapak sehat dan anak juga sehat. Sekeluarga semuanya sehat dan inilah namanya investasi hati,” tambah dia.

Selain itu, mobil sehat ini juga merupakan sarana promosi di bidang kesehatan yang merupakan program yang dilakukan oleh Pemkab Tabanan. (jpnn)

To Top