Bangun UMKM di Indonesia, Mandiri Institute Kolaborasi dengan Akumandiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Bangun UMKM di Indonesia, Mandiri Institute Kolaborasi dengan Akumandiri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny yang didampingi Wakil Ketua Umum Indra Wishnubroto menerima kehadiran dari Mandiri Institute yang diwakili oleh Bobby Hermanus selaku Assistant Vice President Mandiri Institute dan didampingi oleh Andrian Bagus Santosa di gedung Prudential Centre Kasablanka Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Hermawati menjelaskan bahwa persoalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangatlah kompleks baik dari segi permodalan usaha atau dari persoalan penjualan produk usahanya. Banyak program-program pemerintah baik dari pemerintah pusat sampai pemerintah kabupaten yang melakukan pemberdayaan untuk pelaku UMKM di berbagai daerah tetapi hal tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan.

Hal tersebut terjadi dikarenakan, yang mendapatkan pemberdayaan bukanlah orang-orang pelaku UMKM, tetapi kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki kelompok atau organisasi usaha. Hal inilah yang membuat informasi kebijakan pemerintah  tidak sampai kepada pelaku UMKM. Hermawati Setyorinny menambahkan bahwa masih banyak pelaku UMKM yang tidak memiliki informasi yang akurat tentang kebijakan pemerintah untuk melindungi UMKM yang ada di seluruh Indonesia, padahal potensi UMKM Indonesia sangatlah besar untuk membangun ekonomi nasional.

Sesuai dengan visi Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri yaitu Menjadikan Koperasi Dan IUMKM sebagai Variabel Signifikan dalam pertumbuhan Perekonomian di Indonesia.

Maka yang dilakukan Akumandiri saat ini adalah pendataan anggota yang akurat untuk seluruh IUMKM di Indonesia, juga mengembangkan beberapa program pelatihan dan membantu pemasaran hasil-hasil UMKM-nya. Namun Hermawati mengeluhkan terdapat masalah di lapangan terutama mengenai pelaksanaan aturan pinjaman modal dari bank seperti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena program tersebut hanya memberikan dana tanpa melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM agar usahanya tetap bertahan dan berkembang dengan baik.

Oleh karena itu Asosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri mengajak Mandiri Institute untuk hadir bersama-sama dalam melakukan tindakan yang strategis, dalam hal melakukan pemberdayaan dan bantuan ke pada para UMKM yang ada di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas usahanya agar lebih baik lagi. Disamping itu Bank Mandiri selaku Bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia memiliki tujuan dan arah yang sama, yaitu ingin memperdayakan pelaku UMKM agar pelaku UMKM bisa berkembang dengan pesat di bidang usahanya masing-masing.

Di akhir pertemuan ini, bahwa dari pihak Mandiri Institute Bapak Bobby Hermanus sangat mengapresiasi Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri. Karena Akumandiri dapat menjaring dan membina para pelaku UMKM dengan baik. Oleh karena itu, harapannya untuk Bank Mandiri khususnya bidang CSR-nya berkeinginan untuk melakukan kerjasama dibidang pemberdayaan UMKM yang ada diseluruh Indonesia dengan menggandeng Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri. (rls/hrm)

Click to comment
To Top