Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini untuk Hindari Tagihan Kartu Kredit yang Membludak! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini untuk Hindari Tagihan Kartu Kredit yang Membludak!

jangan lakukan hal ini mengenai kartu kredit

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini untuk Hindari Tagihan Kartu Kredit yang Membludak!

Kartu kredit merupakan solusi yang tepat bagi masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi untuk digunakan sebagai alat pembayaran sehari-hari. Sebab kartu kredit memungkinkanmu untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai. Namun, bagi sebagian orang kartu kredit merupakan bencana karena mereka tak dapat menahan keinginan berbelanja tanpa mempertimbangkan kemampuan finansialnya.

Kartu kredit akan sangat bermanfaat bagi kehidupanmu jika saja Anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan bijak. Peraturan utama yang harus diikuti adalah dengan tidak menganggap kartu kredit sebagai kartu utang melainkan kartu yang dapat membantumu melakukan pembayaran saat Anda tak membawa cukup uang tunai di dompet.

Meski telah berhati-hati, terkadang ada saatnya dimana Anda terkejut karena saat tagihan kartu kredit datang ternyata Anda harus membayar lebih banyak dari yang dipikirkan sebelumnya. Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari demi mencegah tagihan kartu kredit membengkak.

Lupa Tanggal Jatuh Tempo

Saking banyaknya hal yang harus dilakukan, dan tagihan yang harus dibayarkan terkadang kita lupa untuk membayar tagihan kartu kredit. Lupa membayar bisa jadi dikarenakan lupa tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit yang biasanya berlaku mulai dari 16 – 20 hari setelah rekening cetak tagihan. Telat sehari saja, bunga yang harus Anda bayarkan bisa membengkak. Oleh sebab itu jangan biasakan untuk membayar tagihan tepat di tanggal jatuh tempo. Jika perlu buatlah alarm pengingat 1-3 hari sebelum tanggal jatuh tempo agar tak mengalami keterlambatan pembayaran.

Melupakan Biaya Tahunan

Biaya tahunan merupakan biaya yang ditarik dari limit kartu kredit setiap setahun sekali. Karena penarikannya hanya ada dalam setahun sekali, seringkali pengguna kartu kredit mengabaikan adanya biaya ini. Sehingga pada saat rekening tagihan telah tercetak, mereka terkejut lantaran ada biaya tambahan lain yang ditarik dari kartu kreditnya. Terkait: Tertangkap! Pengemis Ini Ternyata Punya Sedan, Kartu Kredit dan ATM

Untuk menyiasatinya Anda dapat memanfaatkan poin reward yang dimiliki untuk menutupi biaya tersebut. Anda juga dapat melakukan negosiasi kepada bank penerbit untuk menghilangkan biaya tahunan, namun hal ini hanya akan berhasil jika Anda merupakan pengguna setia yang telah lama menggunakan kartu kredit dengan riwayat kredit yang lancar.

Tarik Tunai Kartu Kredit

Kartu kredit lebih cocok digunakan sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai. Jangan pernah sekalipun Anda menggunakannya untuk menarik tunai di ATM. Sebab bank akan langsung menetapkan bunga sebesar 3% – 6% tergantung kebijakan bank penerbit dan bunga tersebut akan dihitung harian sejak Anda melakukan penarikan tunai.

Biaya Ekstra dari Merchant Tertentu

Setiap kali melakukan transaksi menggunakan kartu kredit di merchant offline maupun online, pastikan bahwa tak ada biaya tambahan lain yang dibebankan kepada Anda. Sebab beberapa merchant memang memberlakukan biaya ekstra untuk transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit, besaran bunga tambahan yaitu sebesar 1 hingga 3% sesuai kebijakan dan kerjasama merchant tersebut.

Jangan Membayar Tagihan Minimum

Tahukah kamu bahwa ada bunga yang dibebankan kepada pengguna kartu kredit jika tidak melakukan pembayaran penuh atas tagihan yang keluar? Biasanya di tagihan kartu kredit tertera nominal pembayaran minimum yang bisa dibayarkan kepada pihak Bank. Pembayaran tersebut biasanya sebesar 10% dari total tagihan yang dimiliki. Jika dibiarkan bunga ini akan terus berkembang dan kamu akan terkejut dengan tagihan di bulan-bulan berikutnya.

Dengan menghindari kelima kebiasaan di atas, dan penggunaan kartu kredit yang bijak Anda akan terhindar dari tagihan yang membengkak. Selain itu ada baiknya mencari tahu dulu penerbit kartu kredit manakah yang dapat memberikanmu banyak keuntungan seperti gratis biaya tahunan, bunga yang rendah dan berbagai keuntungan lainnya. Lakukan perbandingan antara beberapa kartu kredit seperti kartu kredit Mandiri, Kartu Kredit BCA, kartu kredit BRI dan lain sebagainya.

loading...
Click to comment
To Top