Memilih Pekerjaan yang Tepat Demi Masa Depan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Memilih Pekerjaan yang Tepat Demi Masa Depan

pekerjaan bahagia

Memilih pekerjaan yang tepat ternyata tak semudah yang kita bayangkan ketika masih di bangku sekolah. Faktanya, ketika terjun ke dunia kerja, ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan bekerja di satu tempat. Tak hanya itu, pekerjaan yang akan Anda pilih pun cukup pelik pertimbangannya. Ini karena pekerjaan yang Anda lakoni sekarang akan menentukan masa depan Anda.

Agar tak menyesal di kemudian hari atau ternyata Anda menemukan kesulitan yang pelik, mari simak beberapa tips memilih pekerjaan yang tepat berikut ini. Semoga saran-saran yang dipaparkan pada artikel ini dapat membantu Anda.

Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

Passion

Anda mungkin sudah sangat sering dengar kata “passion” ketika bicara tentang pekerjaan. Begitulah adanya. Bekerja memang harus sesuai dengan passion. Passion tak hanya mencakup minat saja tetapi juga punya kemampuan di bidang yang Anda sukai tersebut.

Ini karena minat tanpa kemampuan tentu sia-sia, bukan? Oleh karena itu, ketika Anda mulai terjun ke bidang tertentu yang Anda minati – teruslah perbarui wawasan dan kemampuan Anda pada pekerjaan yang Anda lakoni itu.

Tempat bekerja

Faktor kedua yang akan menentukan karir dan kemampuan Anda akan meningkat tidak hanya bergantung pada diri Anda saja tetapi juga tempat Anda bekerja. Ya, ini menjadi faktor penting yang menentukan masa depan juga.

Bekerjalah di tempat atau perusahaan yang memang nyaman untuk Anda dan suasananya kondusif. Selain itu, perusahaan yang memiliki budaya yang bagus akan membentuk karyawannya menjadi lebih baik dan lebih baik. Oh ya, fasilitas yang diberikan oleh tempat bekerja Anda sekarang pun harus diperhatikan.

Pastikan agar perusahaan memberikan hak Anda, seperti misalnya fasilitas asuransi baik itu asuransi swasta ataupun BPJS Ketenagakerjaan, tunjangan hari raya serta beberapa fasilitas lainnya yang telah disepakati. Fasilitas yang diberikan akan menunjang produktivitas karyawannya juga, bukan? Terkait: Daftar BPJS Ketenagakerjaan Tak Hanya Karyawan, Freelancer Pun Bisa!

Gaji dan stabilitas

Dua hal ini, jika memungkin, haruslah berbarengan agar Anda sendiri juga nyaman secara pribadi. Tentu saja, gaji menjadi salah satu faktor penting ketika Anda memilih pekerjaan yang tepat. Gaji sesuai standar atau di atas akan memenuhi kebutuhan hidup dan bisa menjadi tabungan pula. Pastikan dengan gaji tersebut, Anda sudah bisa bayar kontrakan atau bahkan kredit rumah, biaya makan, asuransi apakah itu asuransi swasta ataupun program BPJS serta kebutuhan lainnya.

Anda pun tak perlu luntang-lantung mencari dana dari sumber lain – hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja. Sebaliknya, jika pun Anda harus mencari penghasilan tambahan – hasilnya bisa digunakan untuk tabungan maupun menikmati hiburan dan liburan.

Meski demikian, gaji yang bagus saja tak cukup. Stabilitas pekerjaan yang Anda lakoni di industri tersebut juga harus diperhatikan. Pertimbangkan apakah jenis pekerjaan dan industri yang Anda geluti tersebut akan bertahan hingga jangka waktu panjang ataukah malah diprediksi mundur bahkan tenggelam.

Perlu diketahui saja, di era Internet dan kecanggihan teknologi sekarang ini, ada beberapa sektor bisnis yang melempem dan bahkan harus gulung tikar karena tak lagi begitu dibutuhkan. Meskipun Anda begitu mencintai pekerjaan Anda saat ini, jangan biarkan cinta membutakan Anda untuk melihat nasib di masa depan.

Demikian beberapa tips memilih pekerjaan yang tepat telah dijabarkan. Semoga bisa membantu Anda yang sedang akan terjun ke dunia kerja ataupun yang sudah menikmati pahit-manisnya bekerja dan menghasilkan uang.

Salam sukses!

loading...
Click to comment
To Top