Ramadhan Sebagai Perekat Ukhua Untuk Majukan Bangsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ramadhan Sebagai Perekat Ukhua Untuk Majukan Bangsa

IMG_3858

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Guna menjalin ukhua di bulan Ramadhan, Institut Lembang Sembilan (IL9) menggelar buka puasa bersama dengan kerukunan masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) di kantor pusat IL9, Kebayoran Lama ,Jakarta Selatan, Jumat (17/6).

Ketua umum IL9 HM Alwi Hamu dalam sambutannya mengatakan, Ramadan bukan hanya bulan penuh rahmat, namun di bulan ini, kita harus saling menjag dan memperkuat ukhua, untuk memajukan bangsa Indonesia lebih baik ke depan.

“Inilah makna ramadan sesungguhnya. Yakni bagaimana merakit kebersamaan it, sert menjadikan Ramadan sebagai arah kebersamaan. Belajar membangun diri, menahan nafsu amarah, dan digantikan dengan sikap produktif, perbuatan positif demi kemajuan bersama,” kata Alwi di sela acara buka puasa

Dikatakan, saat ini IL9 terus berinovasi untuk memberikan kontribusi positif untuk bangsa. Sejumlah program yang kini sudah dijalankan pemerintah bahkan kata Alwi tidak terlepas dari kajian IL9. Dia mencontohkan seperti pesawat tanpa awak dan listrik prabayar yang telah dikaji IL9 sejak 2006.

“Sekarang sedang kami persiapkan satu produk baru yakni lampu (listrik) yang menggunakan energi dari air laut. Itu adalah buah pemikiran yang disampaikan IL9 untuk pemerintah. Inilah mengapa IL9 harus terus kompak,” tambahnya sambil meminta agar pengurus IL9 terus berkarya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Sulsel, Zainal Bintang yang juga hadir dalam acara buka puasa bersama ini mengatakan, prosfektif pembangunan bangsa harus dilakukan dengan ide secara fundamental. Yakni apa yang menjadi kebutuhan bangsa Indonesia.

Kondisi bangsa Indonesia saat ini kata Bintang membutuhkan pemikiran-pemikiran kreatif. Salah satunya dari IL9 yang merupakan basis kajian produktifitas yang cukup membangun selama ini. Terlebih kata dia, dengan kapasitas keilmuan yang dimiliki, maka banyak hal yang bisa dilakukan. “Intinya bagaimana kita bersinergi,” ukarnya. (arm)

loading...
Click to comment
To Top