Setelah Dicalonkan Oleh Presiden, Tito Temui BG – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Setelah Dicalonkan Oleh Presiden, Tito Temui BG

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Setelah namanya disodorkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri RI menggantikan Jendral Badrodin Haiti ke DPR, Komjen Tito Karnavilan langsung menemui para seniornya.

Dari sekian banyak senior yang ditemui, Tito sapaan akrabnya langsung menemui Komjen Budi Gunawan (BG), yang mana nama BG juga santer diberitakan sebagai calon kuat pengganti Badrodin Haiti.

”Setelah penunjukan itu, langsung saya temui beberapa senior. Saya tidak usah sebutkan siapa saja,” ungkap Tito di Kompleks gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Meski dirinya enggan menyebutkan siapa saja senior yang dimaksud, namun saat disinggung nama Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Tito mengakuinya.

”Di antaranya itu, salah satunya,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini.

BG adalah calon tunggal kapolri tahun  lalu. Langkah jenderal yang kini menjadi  wakapolri itu  terganjal setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka.

Belakangan, status tersangka Budi digugurkan lewat sidang praperadilan dan dia dipilih menjadi orang nomor dua di Korps Bhayangkara RI.

Menurut Tito, para senior yang dia temui menyatakan mendukung langkahnya menjadi orang nomor satu di Mabes Polri.  ”Asalkan memang niatnya reformasi dan memperbaiki institusi polri,” ujarnya.

Reformasi birokrasi Polri ini juga yang menurut Tito akan jadi prioritasnya jika kelak resmi dipilih sebagai Kapolri. ”Reformasi internal, birokrasi, pelayanan masyarakat yang lebih baik serta menekan korupsi dan pelanggaran anggota,” ujarnya.

Hal itu akan dicapai dengan membuat sistem dan mekanisme yang baik, mulai dari  perekrutan hingga pembinaan karier anggota. ”Kalau ini berjalan maka output­nya  akan baik. Mulai dari layanan publik, profesionalisme penegakan hukum, dan situasi kamtibmas yang lebih baik,” kata Tito. (gun)

Click to comment
To Top