Tuh Kan, KPK Ngincar Aliran Dana Reklamasi ke Teman Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Tuh Kan, KPK Ngincar Aliran Dana Reklamasi ke Teman Ahok

Posko-Teman-Ahok-Juga

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengumpulkan bahan keterangan dan bukti untuk menaikkan dugaan aliran dana dari pengembang reklamasi Teluk Jakarta ke Teman Ahok.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menjelaskan, pengumpulan bahan keterangan dan bukti alias pulbaket nantinya akan dibahas bersama tim penyelidik. Jika tim menyimpulkan akan ada penyelidikan maka pimpinan mengeluarkan surat penyelidikan baru.

“Pulbaket ini sekarang sedang dilakukan. Kalau menurut dari tim lidik perlu dinaikkan ke penyelidikan baru akan dinaikan ke penyelidikan,” jelasnya di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Kamis (16/6).

Lebih lanjut, menurut Basaria, pulbaket tidak hanya mengandalkan pengaduan masyarakat. Tim bekerja secara tertutup dalam melakukan observasi dan interogasi untuk mencari kebenaran informasi dugaan aliran dana sebesar Rp 30 miliar ke Teman Ahok.

“Jadi penyelidikan itu ada beberapa. Ada yang dilakukan dengan observasi, interogasi, mengikuti orang itu ke mana saja, undercover dan banyak tingkatan penyelidikan. Kalau orangnya harus dipanggil ke kantor itu bukan penyelidikan, itu penyidikan,” jelas inspektur jenderal polisi itu.

Meski demikian, Basaria menegaskan sebelum sampai ke tahap penyelidikan, KPK harus menemukan dua alat bukti permulaan yang cukup terlebih dulu.

“Kalau penyidik kita tak bisa menemukan alat bukti itu, ya jangan dipaksakan juga. Penegakan hukum itu harus berdasarkan fakta dan bukti,” tandasnya.

(ra/rmol)

loading...
Click to comment
To Top