Dua Minggu Jelang Lebaran, Mobil Rental Ludes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Dua Minggu Jelang Lebaran, Mobil Rental Ludes

mobil

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – PT Serasi Autoraya atau dikenal dengan TRAC Astra Rent a Car menyediakan 1.200 unit mobil saat Lebaran. Chief Operating Officer TRAC Jacob Anthonius menyatakan, jumlah unit itu sebenarnya sama dengan bulan biasa.

’’Tetapi, kalau tidak Lebaran, utilisasi biasanya hanya 70 persen, sedangkan ketika Lebaran 100 persen. Jadi, ada peningkatan 30 persen saat momen Lebaran,’’ katanya kemarin (17/6).

Di antara total 1.200 unit, sebanyak 90 persen merupakan jenis MPV (multi-purpose vehicle). Di Jakarta disediakan 400 unit, sedangkan di Surabaya 100 unit. ’’Biasanya seminggu atau dua minggu sebelum Lebaran, unit sudah habis. Di beberapa kota tertentu seperti Surabaya dan Jakarta, akan ada tambahan unit,’’ ungkapnya.

Saat ini mayoritas penyewa berasal dari ritel. Tipe penyewa terbagi menjadi dua. Yakni, menyewa dari kota keberangkatan atau di kota tujuan.

’’Kalau di Kalimantan, mereka biasanya menyewa di kota tujuan. Awalnya, naik pesawat dari Jawa,’’ ucapnya. Sekitar 80–90 persen konsumen menyewa dalam seminggu. Yang lainnya lebih dari seminggu.

Tahun ini TRAC menargetkan pendapatan tumbuh 20 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

’’Sebanyak 90 persen konsumen kami merupakan korporasi. Rata-rata mereka masih mengurangi investasi untuk pembelian kendaraan operasional. Bagi beberapa kalangan, menyewa mobil lebih praktis karena tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan,’’ ujarnya.  (vir/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top