Ical Tidak Berhak Tentukan Calon Kepala Daerah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Ical Tidak Berhak Tentukan Calon Kepala Daerah

c225de14-e4c9-47df-a242-3e72a784f344

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketua Koordinator bidang polhukam DPP Partai Golkar Yorrys Raweyai menegaskan, jika Abu Rizal Bakri (Ical) tak punya hak untuk menentukan calon kepala daerah.

Menurut Yorrys, Ical yang menjabat dewan pembina partai hanya berhak memberikan pertimbangan, dan yang menentukan calon kepala daerah adalah DPP. Ketegasan ini disampaikan untuk menanggapi proses pengambilan keputusan soal calon gubernur yang akan diusung Golkar dalam Pilkada DKI Jakarta. Apalagi Aburizal Bakrie (Ical) selaku ketua dewan pembina terkesan juga punya peran dalam Pilkada.

“Hantu belau apa gak ada dewan-dewan di sini lah. Boleh saja dia (Ical) ngomong memberikan pertimbangan boleh tapi yang memutuskan DPP. Nggak ada matahari kembar di DPP,” kata Yorrys di sela-sela Musda Golkar DKI, Minggu (19/6).

Dia menyebutkan bahwa DPD Golkar DKI Jakarta dalam Musda IX tersebut akan menyatakan dukungan secara resmi terhadap Basuki T Purnama alias Ahok sebagai calon gubernur DKI 2017.

Sikap ini akan disampaikan dan dilegalisir oleh DPP. “Keputusan tingkat pusat hanya melegalisir. (DPP) Harus setuju. Sesuai Juklak, dalam menetapkan calon-calon, DPP memberikan kewenangan kepada daerah,” jelasnya.

Yorrys menambahkan bahwa komunikasi dengan Nasdem, Hanura serta Teman Ahok sudah berjalan dengan partainya menuju Pilkada DKI 2017. “Kami sama-sama dengan parpol Hanura dan NasDem lalu ketemu Teman Ahok dan Batman, sudah bekerja, sudah membangun komunikasi politik,” katanya.

Dia juga tidak mempersoalkan apakah Ahok maju dari jalur independen atau parpol. “Terserah, yang penting kami prinsipnya dukung beliau (Ahok). Soal beliau pakai Teman Ahok mau independen, silakan saja,” tambahnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top