Polres Se-Lampung Ikut Lomba Olah TKP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Polres Se-Lampung Ikut Lomba Olah TKP

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG- Hampir seluruh instansi atau lembaga sering melakukan lomba diakhir tahun atau diwaktu liburan. Dan isi lomba tersebut tidak jauh dari hiburan semata. Namun kali ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Polda Lampung.

Mapolda Lampung melakukan lomba dalam mengisi bulan Ramadan dengan menguji skil anggota polisi dalam melakukan Olah Tempat Kejadian Parkara (TKP) antar Polres di Provinsi Lampung.

Setiap Polres menurunkan tim terbaiknya guna menunjukan  kemampuan mereka dalam mengolah TKP. Lomba yang dibuka langsung oleh Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin, pada hari pertama Selasa (14/6), ini dikuti oleh Polres Lampung Utara, Lampung Barat, Mesuji, Tuba, Waykanan, dan Lampung Timur.

Sedangkan pada hari kedua besok (15/6) ada Polresta Bandarlampung, Polres Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Kota Metro. Tempat pelaksanaan digelar di ruko depan Perum Kedamaian Jalan Hayam Huruk, Kedamaian, Tanjungkarang Timur (TkT).

Lomba olah TKP sendiri berlangsung sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Meski di tengah bulan Ramadan, peserta tampil semangat dan berusaha menyelesaikan waktu 60 menit. Selesai di lapangan, mereka masih diwajibkan menyusun laporan hasil olah TKP, juga dengan waktu 60 menit.

Kapolda menjelaskan, lomba ini digelar karena semakin maraknya kejadian menonjol di wilayah hukum Polda Lampung. Maka dianggap perlu menampilkan personel identifikasi guna dapat mengungkap kasus secara ilmiah (scientific crime investigation). “Khususnya melalui sidik jari (dactyloscopy),” terang Dang Ike –sapaan akrab kapolda.

“Selain itu, bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan personel identifikasi sehingga diharapkan dapat mendukung pengungkapan kasus di Polda Lampung,” timpal Kombes Drs. Zarialdi selaki penanggung jawab lomba dan AKBP Eko Supriadi sebagai ketua pelaksana.

Ketua tim dari Polres Lamtim mendukung kegiatan ini. Menurutnya, lomba dapat melatih personel inafis untuk mendukung proses penegakan hukum. Total ada enam personel yang memiliki tugas pokok masing.

Disinggung lawan terberat, ia menyatakan tim dari Polresta Bandarlampung harus benar-benar diperhitungkan. “Tim polresta solid dan memiliki banyak pengalaman. Mereka betul-betul lawan berat,” ujarnya. (cw6/ade/ray/jpnn)

Click to comment
To Top