Tito Karnavian Tak Akan Barpihak Ke Ahok, Begini Penjelasannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tito Karnavian Tak Akan Barpihak Ke Ahok, Begini Penjelasannya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Setelah nama Komjen Tito Karnavian diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri, sontak publik mengaitkan kedekatannya dengan Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahja Purnama alias Ahok pada Pilkada 2017 nanti.

Hal ini dikaitkan dengan berbagai kebijkan Ahok yang dikawal oleh Tito Karnavian saat dirinya menjabat Kapolda Metro Jaya. Menanggapi isu ini, Emerson Yuntho dari Divisi Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan, Tito merupakan sosok pimpinan polisi  yang profesional. Emerson yakin Tito bisa menghindari keberpihakan kepada salah satu calon di pilkada.

“Saya lihat Tito tetap berada di koridor penegakan hukum yang benar. Jadi Pak Tito tidak akan mengamankan Ahok atau mengamankan calon tertentu di pilkada-pilkada yang lain,” kata Emerson di markas Imparsial, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (19/6).

Selain itu, menurut Emerson, setelah nantinya Tito terpilih sebagai Kapolri, tugas penting sudah menunggu.  Sehingga, Tito tidak mungkin menyia-nyiakan energinya pada masalah pemilihan kepala daerah saja.

“Pekerjaan rumahnya Tito banyak sekali daripada memperhatikan Ahok. Bukan hanya menyelamatkan salah satu pilkada, itu terlalu cetek (dangkal, red),” beber Emerson.

Mengenai, solidnya hubungan Tito dan Ahok seperti mengawal kasus penertiban di Kalijodo dan Kampung Pulo, menurut Emerson, terlalu dangkal untuk dikaitkan.

“Betul, Tito mendukung Ahok dulu. Tapi dari kerangka hukumnya Tito harus melakukan itu. Terlepas dari itu, kalau Ahok melawan hukum, Tito punya diskresi untuk menindak tegas,” jelasnya. (Mg4/jpnn)

To Top