Usai Usir Pasukan ISIS Dari Fallujah, Tentara Irak Rebut Mosul – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Usai Usir Pasukan ISIS Dari Fallujah, Tentara Irak Rebut Mosul

FAJAR.CO.ID, -Tentara Irak terus memperbarui serangan mereka terhadap kelompok Negara Islam (ISIS) di Kota Mosul pada Sabtu (18/6). Yang sebelumnya telah mengusir kelompok ekstrim ini dari bagian wilayah Fullajah.

Mosul merupakan pusat urban terakhir di Irak yang masih dikuasai ISIS, setelah pasukan Irak memasang bendera nasional di kantor pusat pemerintah di pusat kota Fallujah pada Jumat.

Komandan Irak mengumumkan peluncuran serangan untuk merebut Mosul dan sekeliling provinsi Niniwe pada Maret, namun di bawah tekanan politik dalam negeri pemerintah mengalihkan pasukannya ke Fallujah, tepat di sebelah barat Baghdad, bulan lalu.

“Kami memulai fase kedua pembebasan Niniwe pada pukul 05.00(0200 GMT). Target operasinya adalah merebut Qayyarah dan membuatnya sebagai landasan peluncuran untuk Mosul,” jelas Menteri Pertahanan Khaled al-Obeidi, seperti diberitakan Antara, Minggu (19/6).

Qayyarah, yang memiliki lapangan udara, terletak di sepanjang Sungai Tigris dari pangkalan utama pasukan pro pemerintah di area Makhmur yang dikuasai etnis Kurdi. Letaknya sekitar 60 kilometer sebelah selatan Mosul, demikian seperti dikutip dari AFP. [wah]

Click to comment
To Top