Wah!!! Balon Internet Google Dituding Melanggar Paten – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Wah!!! Balon Internet Google Dituding Melanggar Paten

image

FAJAR.CO.ID – Project Loon atau yang dikenal dengan balon internet di tanah air, adalah ambisi raksasa IT Google untuk memberikan akses internet pada daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh provider seluler selama ini.

Namun, baru-baru ini mencuat fakta mencengangkan dibalik proyek ambisius tersebut. Terdengar seperti ide yang original, teknologi balon internet itu sepertinya tidak terlalu original alias bisa saja menggunakan teknologi milik perusahaan lain.

Sebuah perusahaan bernama Space Data telah melayangkan gugatannya terhadap Google atas pelanggaran paten yang mereka daftarkan lebih dari satu dekade lalu itu.

Paten yang didaftarkan pada tahun 1999 dan 2001 terkait penggunaan WiFi pada sistem balon dan cara menemukan posisi balon, diklaim perusahaan asal Arizona itu mirip dengan teknologi yang digunakan Google dalam Project Loon yang kini masih dalam tahap pengembangan tersebut.Diluar tuduhan pelanggaran paten tersebut, Google memang memiliki paten tersendiri terkait dengan proyek balon internet itu.

Sebelum Project Loon, Space Data sendiri memiliki dua produk yang bernama SkySat dan SkySite yang mirip dengan teknologi tersebut. Bahkan kedua produk tersetbut memiliki lisensi FCC untuk beroperasi di daerah seperti Alaska dan kawasan Gulf di Mexico yang jauh dari akses internet.

image

Parahnya lagi, Google dan Space Data bukan lah dua perusahaan yang asing. Keduanya pernah melakukan kerjasama terbuka pada tahun 2008 silam. Dengan hadirnya Project Loon, Space Data merasa dirugikan, lantaran perjanjian delapan tahun lalu telah dilanggar raksasa IT yang berbasis di Mountain View, Caliornia itu.

Google sendiri belum bersedia berkomentar atas hal ini dan diperkirakan tidak akan menghambat proses penyelesaian proyek besar tersebut, meski akan melibatkan sejumlah kompensasi yang tidak sedikit.

 

Via TechnoBufallo

loading...
Click to comment
To Top